» » » » Kriteria Soal Ujian Sekolah 2016 dan Pembuatnya

Kriteria Soal Ujian Sekolah 2016 dan Pembuatnya

Pembuat Soal Ujian Sekolah 2016 dan Kriterianya
Soal Ujian Sekolah (US) SD/MI tahun 2016 dibuat pusat dan daerah, inilah kriteria soalnya.
Sebanyak 25 persen butir soal ujian sekolah (US) SD/MI tahun pelajaran 2015/2016 dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan sisanya 75 persen dibuat oleh masing-masing daerah. Berdasar prosedur operasonal standar (POS) ujian sekolah SD/MI dilaksanakan pertengahan Mei 2016.

Butir-butir soal ujian sekolah yang menjadi tanggung jawab Kemendikbud sudah siap. “Soalnya sudah ada, nanti tinggal tempel aja dengan soal-soal buatan daerah,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang Kemendikbud, Nizam yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (27/12/15).

Nizam memastikan bahwa soal ujian sekolah tahun 2016 yang dibuat oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, menggunakan Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP). Meski ada sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013, materi ujiannya juga mengambil dari Kurikulum 2006.

Sejumlah kriteria diminta Nizam supaya soal ujian sekolah untuk siswa SD/MI itu baik. Diantaranya adalah soal ujian sekolah itu harus valid dan reliable. Maksudnya adalah soal ujian harus bisa dijawab oleh siswa, dan jawabannya ada di daftar pilihan ganda jawaban.

Kemudian soal ujian yang bagus harus dapat menguji siswa merujuk pada materi yang ada di kisi-kisi ujian sekolah. Selain itu soal ujian harus mengandung daya ukur dan daya beda yang baik. Sehingga bisa mengukur dan membedakan antara siswa yang memahami materi tertentu dan yang kurang memahami.

Baca juga: Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016

Soal ujian yang dibuat pemda, diharapkan juga tidak mengandung unsur SARA. Dinas pendidikan tingkat provinsi diharapkan bisa segera membentuk tim untuk membuat butir-butir soal ujian. Meskipun butir soal ujiannya dibuat pemda, Nizam mengatakan kisi-kisinya buatan pemerintah pusat.

Kisi-kisi ujian sekolah SD/MI dan sederajat sudah dilansir. Mulai semester genap yang dimulai pada Januari mendatang, para guru bisa fokus mendampingi siswa mempersiapkan ujian akhir itu. Selain itu, Ketuntasan materi belajar di kelas VI juga harus jadi pertimbangan.



SekolahDasar.Net | 28 Desember 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA