Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rapor Hasil UKG 2015 Dibagikan Januari 2016

Rapor Hasil UKG 2015 Dibagikan Januari 2016
Hasil UKG 2015 akan diumumkan pertengahan Januari dan pelatihan guru rencananya dimulai Mei 2016.
Setelah menggelar uji kompetensi guru (UKG) bagi seluruh guru pada akhir tahun 2015 yang lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengumumkan hasilnya dan memberikan pelatihan bagi para guru yang masih di bawah standar.

Baca juga: Hasil UKG Menentukan Bentuk Pelatihan Guru

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan rapor hasil UKG tahun 2015 akan dibagikan ke sekolah pada pertengahan Januari 2016. Sedangkan pelatihan untuk para guru direncanakan dilakukan pada Mei 2016.

"Target hasil akan disebarkan pada pertengahan Januari, semoga tidak ada kendala. Sekarang tinggal menunggu hasil dari beberapa daerah yang menggunakan UKG offline. Pelatihan bagi peserta rencananya Mei 2016," kata Pranata yang SekolahDasar.Net kutip dari Okezone (31/12/15).

Mendikbud Anies Baswedan menyebutkan, rata-rata nilai UKG nasional adalah 53,02, sedangkan pemerintah menargetkan rata-rata nilai guru adalah 55. Selain itu, rata-rata nilai profesional 54,77, sementara nilai rata-rata kompetensi pedagogik 48,94.

Setiap guru akan mendapatkan rapor yang di dalamnya terdapat data guru beserta 10 komponen penilaian. Anies mengatakan komponen yang masih berwarna merah menandakan guru itu perlu mendapatkan pelatihan di bidang tersebut. Menurutnya, hasil UKG tidak akan dijadikan sebagai alat hukuman untuk guru.

"UKG seperti bercermin. Dari hasil itu akan diperbaiki untuk meningkatkan kinerja guru. Pengembangan pelatihan dilakukan sesuai dengan kebutuhan guru," kata Anies.