» » » » Upaya Memotivasi Belajar Siswa dengan Reward

Upaya Memotivasi Belajar Siswa dengan Reward

Upaya Memotivasi Belajar Siswa dengan Reward
Memberikan reward atau hadian kepada siswa dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.
Banyak faktor yang menunjang tercapainya tujuan kegiatan belajar mengajar dalam kaitannya dengan perbuatan belajar siswa, faktor–faktor tersebut diantaranya, siswa, guru, orang tua, materi atau bahan pelajaran, sekolah, sarana dan prasarana, serta lingkungan. Semua faktor penunjang tersebut saling berkaitan serta merupakan sebuah sistem yang semua unsur-unsurnya berhubungan sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan.

Jika faktor guru mempunyai kompetensi dalam melaksanakan tugasnya tetapi siswanya tidak memiliki motivasi untuk belajar maka proses belajar mengajarpun tidak akan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, demikian pula sebaliknya jika faktor siswanya siap, mempunyai rasa yang tinggi untuk mengetahui sesuatu tetapi guru tidak mempunyai kemampuan dan kualitasnya rendah, proses belajar mengajarpun tidak akan mencapai tujuan pembelajaran.

Baca juga: Strategi untuk Mengenal Karakter Peserta Didik

Guru, sebagai salah satu faktor penunjang dalam kegiatan belajar mengajar haruslah mempunyai kompetensi yang mumpuni, kegiatan belajar ini haruslah mengacu pada prinsip-prinsip belajar mengajar, yakni adanya perbuatan atau kegiatan anak didik yang dibantu oleh guru untuk dapat mengubah tingkah lakunya, bertambah wawasannya, serta mengalami pertumbuhan yang normal. Guru dituntut untuk melayani secara optimal dalam membantu siswa mengasah kemampuannya baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotornya.

Banyak strategi pengajaran yang bisa diterapkan oleh guru yang pada dasarnya semua strategi tersebut bertujuan agar proses belajar menagajar berlangsung baik sehingga dapat mencapai tujuan, salah satunya adalah memberikan reward atau hadian kepada siswa dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.

Guru jangan hanya memberikan sanksi kepada siswa yang telat datang ke sekolah, tetapi juga harus memberikan hadiah kepada siswa yang selalu tepat dan rajin. Berikan hadiah kepada siswa yang menjadi motivator baik di kelas, atau sekolah secara umum. Sekecil apapun kegiatan belajar mengajar uapayakan ada reward sebagai upaya meningkatkan semangat belajar siswa.

Ada beberapa manfaat dalam memberikan reward kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar, manfaat bagi siswa diantaranaya :

1. Siswa akan merasa bahagia dalam belajar, dan secara tidak langsung akan berupaya menjadi yang terbaik
2. Akan terjalinnya hubungan yang baik antara guru dan siswa, sehingga siswa akan merasa betah belajar
3. Melatih siswa untuk lebih semangat memahami dan menguasai dalam pembelajaran
4. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran
5. Meningkatkan motivasi siswa dan menciptakan suanana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Manfaat bagi guru, diantaranya :
1. Dapat memberikan suatu kontribusi positif yang diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.

2. Memberikan dorongan untuk melakukan kreasi dan inovasi dalam pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil dan kualitas belajar itu sendiri.

Semoga dengan bekal pengetahuan yang terdapat dalam tulisan ini mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sehingga siswa dapat dengan cepat menguasai materi pelajaran secara baik dan berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

*) Ditulis oleh Ayi Wahyudin, Guru SDN Cikidang UPTD TKSD Kec. Rancabali Kab. Bandung



SekolahDasar.Net | 3 Desember 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA