» » » » Tanda-tanda Anak Ber-IQ Tinggi Sesuai Tahapan Umurnya

Tanda-tanda Anak Ber-IQ Tinggi Sesuai Tahapan Umurnya

Inilah sepuluh tanda anak mempunyai IQ tinggi sesuai tahapan umurnya.
Inilah sepuluh tanda anak mempunyai IQ tinggi sesuai tahapan umurnya.
Anak mempunyai IQ atau kecerdasan intelektual tinggi dapat dilihat tanda-tandanya. Untuk memastikannya, dalam setiap tahap umur mempunya tanda-tanda tersendiri. Seperti dilansir SekolahDasar.Net dari News.com.au yang ditulis Republika (01/02), para ilmuwan di University of Warwick mengemukakan sepuluh tanda anak mempunyai IQ tinggi sesuai tahapan umurnya.

1. Bayi baru lahir

Semakin besar berat bayi maka semakin tinggi juga kecerdasan yang dimiliki anak yang baru dilahirkan tersebut. Sebuah studi terhadap lebih dari tiga ribu bayi British Medical Journal mengemukakan bobot bayi saat lahir maka semakin besar IQ-nya. Namun bisa saja berat bayi yang besar dikarenakan gizi yang baik.

2. Usia 12 sampai 24 bulan

Pada usia ini ditandai anak berbicara dengan beragam bahasa yang menjadi salah satu trik untuk mendorong perkembangan otak pada balita. Mereka yang lahir dari orang tua yang memliki perbedaan bahasa mempunyai IQ yang lebih baik.

3. Usia tiga tahun

Tinggi tubuh pada usia ini biasanya mencerminkan anak tersebut bisa memiliki banyak kesempatan terbaik. Pada awal usia tiga tahun, sebelum sekolah memiliki kesempatan untuk memainkan peran maka anak yang lebih tinggi lebih mempunyai kemampuan pada tes kognitif.

4. Usia empat tahun

IQ tinggi terlihat pada anak yang senang menggambar dan ketertarikan dengan seni saat usia empat tahun. Anak-anak yang seperti itu biasanya saat remaja bisa lebih cerdas karena kelebihan IQ-nya.

5. Usia enam tahun

Pada usia ini, kecerdasan emosional anak dapat ditingkatkan dengan memainkan alat musik. Para peneliti di University of Vermont College mengemukakan hasil scan otak dari 232 anak berusia enam sampai 18 tahun yang sangat sehat. Mereka menemukan, anak-anak yang memainkan instrumen sejak kecil bisa mengatur kecemasan dan emosi lebih baik.

6. Usia tujuh tahun

Para ilmuwan menyatakan, anak-anak yang membaca sejak dini merupakan indikator serta kunci kecerdasan. Studi oleh University of Edinburgh dan King College London mengemukakan, anak-anak memiliki kemampuan membaca lebih baik dari rata-rata pada usia tujuh tahun dan terlihat dalam membenamkan diri dalam novel, serta tampil baik di tes IQ sebagai remaja.

7. Usia delapan tahun

Pada saat usia delapan tahun maka anak terlihat lebih sering begadang dan telat bangun pagi maka diperkirakan mempunyai IQ tinggi. Penelitian oleh London School of Economics menunjukkan bahwa orang dewasa cerdas lebih mungkin untuk beraktivitas hingga larut malam yang sudah terbiasa sejak usia dini.

8. Usia sembilan tahun

Makan sarapan sehat pada usia dini memberikan peluang pada anakan-anak terutama usia sembilan tahun memiliki kelebihan tes akademik di atas rata-rata. Mengonsumsi sereal, roti, dan susu pada pagi hari merupakan pilihan terbaik.

9. Usia sepuluh tahun

Indikator kunci dari kecerdasan, anak-anak pada usia ini senang sekali bicara dan lebih aktif dibandingan anak lainnya. Sejalan dengan banyak membaca sejak dini merupakan indikator kecerdasan tinggi untuk masa depan.



SekolahDasar.Net | 1 Februari 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA