» » » » Jadikan Teknologi Penunjang Keberhasilan Pendidikan

Jadikan Teknologi Penunjang Keberhasilan Pendidikan

Jadikan Teknologi Penunjang Keberhasilan Pendidikan
Kemajuan teknologi tidak dapat dicegah, maka jadikan teknologi sebagai penunjang keberhasilan pendidikan.
Perkembangan teknologi yang begitu pesat diberbagai aspek kehidupan merupakan salah satu bukti adanya keberhasilan dalam pendidikan. Dengan kata lain bahwa hal ini juga membuktikan keberhasilan para guru yang telah mendidik dan memberikan pengajaran terhadap para siswanya. Oleh karena itu alangkah indahnya jika kemajuan teknologi (IT) ini dapat disandingkan bahkan dapat membawa kemajuan pula bagi dunia pendidikan yang telah membesarkan dan menjadikannya maju dengan pesat seperti saat ini. Dengan kata lain majunya teknologi karena mendapatkan pendidikan yang benar oleh para pendidik, dan dunia pendidikan akan semakin maju juga dengan didukung oleh teknologi yang mampu memberikan kemudahan dalam proses belajar dan mengajar.

Baca juga: Peran Guru Tak Dapat Digantikan Oleh Teknologi

Di sisi lain kita belum melihat itu, justru sebaliknya, antara dunia pendidikan dengan kemajuan teknologi dipandang sebagai dua hal yang saling bertentangan bahkan saling berhadapan frontal, tidak berhadapan seiring sejalan secara harmonis. Misalnya, anak yang malas belajar dan kurang tertarik bahkan tidak tertarik dengan pelajaran di sekolahnya, ia malah asyik bermain game, playstaysen, gadget, dan lainnya sehingga melupakan tugas pokoknya untuk belajar.Lebih dari itu sering kita mendengar, melihat, menyaksikan lewat tayangan televisi atau berita surat kabar tentang pengaruh kekerasan, narkoba, pergaulan bebas, terhadap para pelajar akibat hal-hal yang ia lihat dan tiru dari berbagai media.

Apakah medianya yang salah? Apakah teknologinya yang salah? Apakah pendidikannya yang salah? Media merupakan hasil dari perkembangan teknologi, dan teknologi merupakan hasil dari pendidikan. Mestinya semua itu saling mendukung untuk kemajuan.

Sementara di sisi lain, kita melihat sebaliknya. Kemajuan teknologi sangat membantu bagi dunia pendidikan. Siswa dan para pendidik bisa mendapatkan berbagai informasi dari internetdengan cepat dan mudahnya. Data data guru lebih mudah diakses melalui dapodik. Sistem pembelajaran di sekolah sudah menggunakan e-learning, infokus, laptop, penyimpanan data dalam flashdisk, hardisk, dan sebagainya. Penelitian luar angkasa sudah menggunakan teropong modern, para guru sudah menggunakan berbagai aplikasi dalam penilaian dan menyiapkan bahan ajar. Betapa kesulitannya kita saat mati lampu, batterai hp atau laptop lowbatterai, dan sebagainya. Secara tak sadar kita juga sangat tergantung pada kemajuan teknologi.

Maka dari itu jangan jadikan teknologi sebagai musuh dalam dunia pendidikan, jadikanlah ia sebagai sahabat dalam memajukan pendidikan. Banyak program dan aplikasi yang menunjang dunia pendidikan, bahkan kita bisa membuat game-game sederhana yang berisi atau bermuatan ilmu pengetahuan, agar belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Kemajuan teknologi tidak dapat dicegah karena itu juga merupakan salah satu bukti keberhasilan pendidikan, maka jadikan teknologi sebagai penunjang keberhasilan dalam dunia pendidikan.

*) Ditulis oleh Nurdin, S.Pd. Guru SD Swasta di Ciledug



SekolahDasar.Net | 25 Maret 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA