Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Tahunan Prota Kurikulum 2013 Kelas 1 SD

Download program tahunan (Prota) Kurikulum 2013 kelas 1 SD.
Download program tahunan (Prota) Kurikulum 2013 kelas 1 SD.
Kurikulum 2013 (K-13) pada tahun pelajaran ini mulai kembali diterapkan pada kelas 1 Sekolah Dasar (SD). Salah satu kelengkapan dalam proses pembelajaran yang harus dibuat guru, khususnya guru kelas 1 adalah Program Tahunan (Prota).

Baca juga: RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2016

Prota, program yang dibuat di awal tahun ini merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program semester (Promes), silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pada jenjang tingkat SD, Kurikulum 2013 menggunakan metode pembelajaran tematik. Materi ajar disampaikan dalam bentuk tema-tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Kompetensi dari berbagai mata pelajaran diintegrasikan ke dalam berbagai tema.

Tema pada pembelajaran kelas 1 semester 1 diantaranya: Diri Sendiri, Kegemaranku, Kegiatanku, dan Keluargaku. Tema pada semester 2 antara lain, Pengalamanku, Lingkungan Bersih Sehat dan Asri, Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku, serta, 8. Peristiwa Alam.

Setiap tema terdiri dari beberapa sub tema, satu tema disajikan selama 4 minggu. Contoh Prota semester 1 dan 2 kelas 1 Kurikulum 2013 bisa didownload melalui tautan berikut ini:


Prota merupakan program umum untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program tahunan adalah rencana umum pembelajaran mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun.