» » » Guru Masa Depan Harus Memiliki Asuh, Asih, dan Asah

Guru Masa Depan Harus Memiliki Asuh, Asih, dan Asah

Guru Masa Depan Harus Memiliki Asuh, Asih, dan Asah
Guru masa depan itu ada yang memiliki nilai dasar dan nilai yang terus berkembang.
Kemampuan seseorang harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Tidak terkecuali pada guru yang dituntut untuk mengembangkan diri mereka. Karena dengan guru yang ada, mereka bisa menghasilkan siswa siswi yang berprestasi.

Guru saat ini harus memiliki karakter masa depan. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Unifah Rosyidi mengatakan seiring berjalannya waktu dan zaman,guru harus memiliki nilai dasar.

"Guru masa depan itu ada yang memiliki nilai dasar dan nilai yang terus berkembang,"kata Unifah yang SekolahDasar.Net kutip dari Okezone (31/10/16).

Baca juga: Butiran Mutiara Ki Hajar Dewantara yang Hilang

Nilai dasar yang dimaksud adalah yang memiliki asuh, asih, asah. Karena mendidik itu harus penuh kasih sayang, mengembangkan pikiran kritis sampai mendorong siswanya untuk berprestasi.

Sedangkan untuk asah sendiri yakni mengajak siswa untuk memiliki keterampilan. Dan asuh itu maknanya guru sebagai pengganti orangtua harus bisa memberikan kasih sayang seperti layaknya orangtua.

"Tetapi nilai lain yang perlu dikembangkan adalah pada cinta belajar. Seorang guru harus memiliki kecintaan untuk belajar, sehingga bisa mengembangkan diri menjadi contoh yang baik bagi siswa-siswanya," jelas Unifah.



SekolahDasar.Net | 31 Oktober 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA