» » » Jawaban dan Soal Ujian Tulis PLPG Sertifikasi Guru

Jawaban dan Soal Ujian Tulis PLPG Sertifikasi Guru

Jawaban dan Soal Ujian Tulis PLPG Sertifikasi Guru
Contoh soal dan jawaban ujian tulis LPTK (UTL) sertifikasi guru tahun 2016 melalui jalur PLPG.
Proses sertifikasi guru tahun 2016 melalui jalur Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan itu adalah passing grade atau nilai minimal kelulusan sertifikasi guru. PLPG diselenggarakan oleh LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan).

Pelaksanaan ujian tulis LPTK (UTL) menjadi salah satu bentuk ujian yang harus dilalui guru supaya lulus PLPG. UTL dilaksanakan pada hari ke-5 pelaksanaan PLPG. UTL bertujuan untuk mengungkap kompetensi profesional dan pedagogik. Berikut contoh soal UTL PLPG dan jawabannya:

1. Bagaimana pandangan konstruktivisme tentang belajar dan apa implikasinya bagi pembelajaran di kelas ?

JAWAB :

Pada teori ini hubungan timbal balik antara belajar sebagai proses pembentukan pengalaman secara empiric dan proses pembentukan konsep secara rasional dalam menghasilkan pemahaman menjadi prinsip dasar. Berangkat dari prinsip dasar demikian, diyakini bahwa pemahaman yang terdapat pada siswa menjadi dasar dalam memahami kenyataan dan pemecahan masalah baru yang menghasilkan pengetahuan baru dalam proses yang aktif dan dinamis.

4. Jelaskan dan beri contoh perbedaan antara strategi ekspositori dan strategi discovery !

JAWAB :

Dalam strategi ekspositori, peran guru adalah menyusun RPP, pemberian informasi yang benar, penyedia fasilitas, pembimbing siswa dalaam memperoleh informasi / pesan, dan penilai pemerolehan informasi, sementara siswa lebih berperan sebagai pencari / penerima informasi / pesan belajar, pemakai sumber / media belajar, dan menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapkan kepadanya.

6. Jelaskan konsep dasar pembelajaran kooperatif !

JAWAB :

Pembelajaran kooperatif lebih menekankan pada proses kerja sama dalam kelompok. Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya kemampuan akademik dalam pengertian penguasaan bahan pelajaran, tetapu juga adanya unsur kerja sama untuk penguasaan materi tersebut. Adanya kerja sama inilah yang menjadi ciri khas dari pembelajaram kooperatif.

Baca juga: Syarat Kelulusan Sertifikasi Guru Melalui PLPG

Berdasarkan buku panduan teknis pelaksanaan sertifikasi guru yang dibuat oleh Konsorsium Penyelengara Sertifikasi Guru Tahun 2016, peserta dinyatakan lulus sertifikasi guru jika memenuhi dua syarat kelulusan yaitu: lulus PLPG dan lulus UTN atau UKG (Uji Kompetensi Guru). UTN dilaksanakan pada hari ke-11.



SekolahDasar.Net | 16 Oktober 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA