Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisi-Kisi Materi PLPG Mata Pelajaran Guru Kelas SD

Kisi-Kisi Materi PLPG Mata Pelajaran Guru Kelas SD
Download Kisi-Kisi Materi PLPG Mata Pelajaran Guru Kelas SD.
Sertifikasi guru tahun 2016 berbeda dengan tahun sebelumnya, para peserta diminta untuk mempersiapkan diri dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Guru bisa mendownload dan mempelajari kisi-kisi materi PLPG yang telah disediakan oleh Kemendikbud.

Pelaksanaan PLPG akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2016. Oleh karena itu para peserta sertifikasi dapat menyiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi materi PLPG. Bagi Anda guru SD dapat mendownload kisi-kisi materi PLPG mata pelajaran Guru Kelas SD dengan kode 027.

Pada kisi-kisi materi PLPG ada dua kompetensi utama yaitu pedagogik dan profesional. Standar Kompetensi Guru yang terdiri dari Kompetensi Inti (KI), Komptensi guru mata pelajaran (KD), dan Indikator pencapaian kompetensi (IPK). Kisi-kisi materi PLPG tersebut dapat didownload di tautan berikut ini:


Tahun ini ada peningkatan batas nilai syarat kelulusan sertifikasi guru, yakni minimal harus 80 dari yang tahun sebelumnya hanya 42. Guru yang tidak lulus ujian sertifikasi dapat mengulang lagi tanpa perlu mengulang PLPG. Guru dapat mengikuti ujian lagi, maksimal empat kali.

Baca juga: Syarat Kelulusan Sertifikasi Guru 2016 Melalui PLPG

PLPG dilaksanakan di Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk selama 10 hari. Materi yang diberikan, berkaitan dengan kegiatan mengajar dan mata pelajaran. Seperti pembuatan rencana pembelajaran, presentasi, pembuatan silabus, kemampuan mengajar, penugasan makalah, serta diskusi.