Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
RPP Kurikulum 2013 kelas 1 SD/MI mata pelajaran PJOK.
Bagi sekolah yang tidak memiliki guru mata pelajaran Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK), maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. PJOK juga memiliki kegiatan yang terpisah dari unsur tematik, pada kelas rendah.

Namun demikian, bagi sekolah yang memiliki guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat menggunakan silabus mata pelajaran PJOK sebagai pencetus ide dan memperkayanya di dalam menyusun RPP. Guru terlebih dulu membuat RPP sebagai pedoman untuk mendukung pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar.

Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK untuk SD/MI

Gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil
Aktivitas atletik
Aktivitas beladiri
Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani
Aktivitas senam
Aktivitas gerak berirama
Aktivitas air dan keselamatan diri
Kesehatan

Tema pada Kelas 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Tema 1, Diriku
Tema 2. Kegemaranku
Tema 3, Kegiatanku
Tema 4, Keluargaku
Tema 5, Pengalamanku
Tema 6, Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Tema 7, Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Tema 8, Peristiwa Alam

Guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, salah satunya RPP. Setiap tema terdiri dari 4 subtema. Mata pelajaran PJOK dilaksanakan 4 jam pertemuan per Minggu. RPP Kurikulum 2013 kelas 1 SD/MI mata pelajaran PJOK dapat didownload melalui tautan berikut:


Dalam menyusun dan merumuskan indikator dan tujuan yang akan di capai melalui kegiatan pembelajaran pada RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013, dilakukan secara mendetail dan terstruktur. Tujuannya agar pada saat materi atau bahan yang akan disampaikan dapat terlaksana dan dapat dipahami siswa setiap pembelajarannya.