» » Download Silabus dan RPP TIK SD

Download Silabus dan RPP TIK SD

Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah dasar (SD) merupakan hal baru yang belum semua sekolah melaksanakan terkait dengan ketiadaan sarana dan prasarana. Selain itu pengetahuan tentang komputer merupakan hal yang relatif baru. Namun karena pendidikan harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi secara perlahan tapi pasti akan menjadi suatu kebutuhan sekolah.

Dalam rangka membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) perlu disusun suatu pedoman yang dapat dijadikan sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Kurikulum TIK menjadi rambu-rambu yang dijadikan acuan dalam penyusunan silabus serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada tingkat satuan pendidikan SD.

Ada dua jenis format dalam menyusun silabus, yaitu jenis kolom (format 1) dan jenis uraian (format 2). Dalam menyusun format urutan Kompetensi dasasr (KD), materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator dan seterusnya dapat ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan, sejauh tidak mengurangi komponen-komponen dalam silabus.

Berikut adalah Silabus TIK SD dengan format 1 (kolom) dan format 2 (uraian) yang bisa didownload:
Silabus TIK SD Lengkap (Uraian)

Setelah menyusun silabus TIK guru harus mengimplementasikan program yang telah disusunnya itu dengan membuat RPP. Selanjutnya RPP tersebut merupakan pegangan dan pedomana bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut RPP TIK SD yang bisa didownload:
RPP TIK Kelas 4 SD Semester 1
RPP TIK Kelas 4 SD Semester 2 
RPP TIK Kelas 5 SD Semester 2
RPP TIK Kelas 5 SD Semester 1
RPP TIK Kelas 6 SD Semester 1
RPP TIK Kelas 6 SD Semester 2

Silabus dan RPP TIK untuk SD di atas didapatkan dari berbagai sumber. Alangkah baiknya, guru mampu untuk mengembangkannya sendiri. Dalam menyusun Silabus dan RPP TIK disesuaikan dengan situasi dan kondisi satuan pendidikan, serta karakter dan perkembangan peserta didik.



SekolahDasar.Net | 16 Juli 2012
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA