Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Standar Isi Kurikulm KTSP SD

Download Standar Isi Kurikulm KTSP SD
Seharusnya ini sudah diketahui bapa ibu guru, tentang standar isi yang mungkin sudah pada punya. Karena standar isi yang menjadi pedoman atau kurikulum untuk satuan pendidikan ini sudah terbit sejak 2006. Tetapi SekolahDasar.Net mencoba untuk membagikannya kembali, sebelum nanti kurikulum yang telah tersebut telah selesai dievaluasi dan bersiap menerbitkan kurikulum baru sekitar tahun 2013.

Standar isi dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan terlampir dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Standar Isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu, semisal sekolah dasar (SD). Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan. Untuk mendapatkan file standar isi dari BSNP, klik tauatan di bawah ini:


Dalam standar isi sebagai kerangka kurikulum yang ditetapkan mulai 2006 adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Yang intinya dalam kurikulum KTSP tersebut memberikan ruang bagi guru untuk merancang kegiatan pendidikan yang sesuai dengan karakter anak dan lingkungan. Tetapi tetap pada standar yang sudah ditentukan, yang terjabarkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran di SD. Berikut tautan untuk mendowload Standar Kompetensi (SDK) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk tingkat SD/MI dan SDLB


Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik dijabarkan lagi menjadi program tahunan, program semester, silabus dan RPP. Dalam folder di atas terdiri dari SK dan KD untuk masing-masing pelajaran dan kelas di SD, yaitu:
1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama SD
2. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PKn SD
3. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SD
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SD
5. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SD
6. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPA SD
7. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS SD
8. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SBK SD
9. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Penjas SD