Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Jadwal Pelajaran SD Kurikulum 2013

Masih ada banyak pertanyaan mengenai Kurikulum 2013 yang untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) memakai metode tematik integratif. Salah satunya adalah, akan seperti apa jadwal pelajaran dengan memakai Kurikulum 2013 ketika materi tidak lagi dipisahkan dengan mata pelajaran tetapi dipisah berdasarkan tema.

Pembelajaran tematik pada kurikulum sebelumnya (KTSP) memang sudah diterapkan, khususnya pada kelas rendah yaitu kelas 1, 2, dan 3. Meskipun demikian penerapan metode pembelajaran tematik bukanlah hal yang mudah. Guru harus bisa mengaitkan beberapa kompetensi dasar melalui sebuah tema yang diajarkan.

Masing-masing kelas akan disediakan kurang lebih delapan tema berbeda. Setiap Tema yang harus selesai diajarkan dalam jangka waktu. Tema-tema pada pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Keduanya memberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran di SD.

Contoh Jadwal Pelajaran SD Kurikulum 2013
Contoh Jadwal Pelajaran Kelas IV SD Kurikulum 2013

Di atas adalah contoh jadwal mata pelajaran tematik kelas 4 SD yang memakai Kurikulum 2013. Tema Hidup Hemat Energi disajikan selama 3 minggu, penyusunan jadwal tidak lagi per mata pelajaran (mapel) melainkan per tema. Sebuah tema mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan.