» » » » Jadwal Pelaksanaan PLPG Sertifikasi Guru 2014

Jadwal Pelaksanaan PLPG Sertifikasi Guru 2014

LPTK membuat jadwal PLPG setelah anggaran untuk pelatihan guru disahkan.
Pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2014 melalui jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) belum terjadwal dengan pasti. Sebelumnya direncanakan mulai bulan April sampai September 2014 akan dilangsungkan proses PLPG. Tetapi sampai saat ini belum ada informasi resmi kapan PLPG akan dimulai.

Berdasarkan pengamatan SekolahDasar.Net, pelaksanaan PLPG selalu mundur. Tahun 2013 kemarin seharusnya pelatihan bagi guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik ini dilaksanakan pada Juni tetapi baru terlaksana pada bulan Agustus. Molornya agenda PLPG terkendala pembahasan anggaran oleh DPR.

Jadwal pelaksanaan PLPG sertifikasi guru tahun 2014 masing-masing kabupaten/kota berbeda-beda sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) yang ada di rayonnya. LPTK akan membuat jadwal pelaksanaan PLPG setelah anggaran untuk pelatihan guru disahkan.

Guru yang telah memenuhi syarat akan mengikuti PLPG di LPTK atau perguruan tinggi yang ditunjuk selama 10 hari dengan alokasi waktu 90 jam pembelajaran. Bagi guru yang lulus program PLPG akan memperoleh sertifikat pendidik sehingga berhak mendapat Tunjangan Profesi Pendidik (TPP).

Program sertifikasi guru melalui jalur PLPG sendiri akan berakhir pada tahun 2015. Selanjutnya program untuk mendapatkan sertifikat pendidik ini diganti dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG dilaksanakan kurang lebih selama 2 semester, lulusan PPG mendapatkan predikat guru profesional dengan gelar 'Gr'.



SekolahDasar.Net | 26 Mei 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA