» » » » Tes Seleksi CPNS dan PPPK Dilaksanakan Agustus

Tes Seleksi CPNS dan PPPK Dilaksanakan Agustus

Tes seleksi aparatur sipil negara (ASN) rencananya dimulai Agustus.
Tes seleksi aparatur sipil negara (ASN) rencananya dimulai Agustus.
Tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) rencananya akan dilaksanakan secara bersama pada bulan Agustus 2014. Tes seleksi aparatur sipil negara (ASN) berupa tes kompetensi dasar (TKD) ini menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

"Insya Allah Agustus, baik CPNS maupun PPPK akan dites. Karena 100 ribu formasi yang kita siapkan sudah termasuk CPNS dan PPPK," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (23/06/2014).

Menurut Azwar PPPK dan CPNS statusnya sama ASN. Yang membedakanya adalah PPPK menggunakan sistem kontrak minimal setahun. CPNS dibatasi usia maksimal 35 tahun, sedangkan PPPK tidak dibatasi usia. PPPK dan CPNS dua unsur yang saling melengkapi. Struktural dipegang CPNS, sedangkan PPPK diposisikan di jabatan fungsional yang diisi oleh orang-orang profesional.

Tenaga pendidik atau guru menjadi prioritas dalam rekrutmen PPPK. Meskipun demikian, guru juga harus memenuhi target kualifikasi yang telah ditetapkan. Pengangkatan guru PPPK ini untuk pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. Jika mengandalkan dari formasi CPNS baru, pemerataan sebaran guru berkualitas di Indonesia terbatas.



SekolahDasar.Net | 23 Juni 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA