Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Coba Simulasi CAT Online Sebelum Tes CPNS

Peminat seleksi CPNS bisa berlatih soal tes CPNS melalui simulasi CAT online.
Peminat seleksi CPNS berlatih soal tes CPNS melalui simulasi CAT online.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba simulasi sistem Computer Assisted Test (CAT) secara online. Bagi peminat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bisa mencoba sistem CAT mulai 12 Agustus 2014. Simulasi CAT bisa diakses di laman KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Mulai tahun ini seluruh instasi pusat maupun daerah yang membuka lowongan CPNS melaksanakan tes seleksi dengan menggunakan sistem CAT. Tidak lagi menggunakan berkas soal dan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Peserta seleksi penerimaan CPNS mengerjakan soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) langsung di komputer.

"Dengan simulasi online ini, mereka tidak perlu repot-repot mengikuti rangkaian kegiatan roadshow simulasi tes CPNS dengan sistem CAT ke sejumlah daerah, atau mengunduh aplikasi CAT di sejumlah situs yang berbayar. Sebab simulasi tidak dipungut biaya," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman.

Peluncuran simulasi CAT online rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan sosialisasi seleksi CPNS 2014 di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan ini juga akan diisi dengan simulasi CAT dan diskusi bertema "Seleksi CPNS Bersih, Profesional dan Tanpa Korupsi (Berprestasi)". Meski ada simulasi online, KemenPAN-RB juga akan tetap menggelar roadshow simulasi CAT di beberapa kota.