» » » Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013

Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013

Aplikasi pengolah daftar nilai Kurikulum 2013 yang berbasis Microsoft Excel.
Kurikulum 2013 yang diimplementasikan serentak pada tahun ini memiliki keistimewaan dalam penilaian. Kurikulum 2013 lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Inilah yang banyak membuat guru kesulitan dalam penilaian Kurikulum 2013.

Seorang guru, Purnawanto, membuat dan  membagikan aplikasi untuk membantu mendeskripsikan nilai yang dibuat guru, kemudian bisa diimplementasikan sebagai nilai rapor. Aplikasi pengolah daftar nilai Kurikulum 2013 yang berbasis Microsoft Excel ini dapat diunduh di sini.

Tidak hanya nilai dari hasil  Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), dan juga Ujian Akhir Semester (UAS), guru juga harus membuat nilai sikap dan ketrampilan yang nantinya akan ditulis pada rapor. Dengan aplikasi pengolah nilai Kurikulum 2013 dapat sedikit meringankan beban guru.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), juga telah menyusun buku Panduan Teknis Penilaian dan Pengisian Rapor Kurikulum 2013. Panduan ini untuk memfasilitasi guru dalam mengisi buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik.



SekolahDasar.Net | 22 Oktober 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA