» » » » 7 Pelajaran Hidup Ini Penting Diberikan ke Anak

7 Pelajaran Hidup Ini Penting Diberikan ke Anak

7 Pelajaran Hidup Ini Penting Diberikan ke Anak
Perilaku anak akan mencerminkan apa yang telah orang tua ajarkan kepada mereka.
Setiap orang tua memiliki pengalaman pribadi yang dapat dijadikan pelajaran hidup. Orang tua harus mengajarkan pelajaran hidup kepada anak. Pelajaran hidup yang kelak akan sangat bermanfaat itu harus mulai diberikan sejak dini.

Baca juga: Peran Keluarga Mengendalikan Kenakalan Anak

Inilah beberapa pelajaran hidup yang penting diajarkan kepada anak, yang SekolahDasar.Net lansir dari laman Republika (08/03/2015).

1. Kejujuran
Sering kita dengar "Kejujuran adalah kebijakan terbaik". Orang tua harus mengajarkan kejujuran supaya masa depan anak bisa baik. Jika sejak dini anak ditanamkan sifat jujur sampai dewasa mereka akan menjaga kejujurannya, sebagai modal utama menjalani kehidupan.

2. Kegagalan adalah bagian dari hidup
Anak-anak harus diajarkan bahwa mereka pasti suatu saat akan merasakan kegagalan. Buatlah anak bisa menerima kegagalan yang merupakan bagian dari kehidupan. Kegagalan adalah kunci keberhasilan, jadikan kegagalan sebagai motivasi anak untuk bekerja lebih keras dan supaya mental lebih kuat.

3. Menghormati orang lebih tua
Anak-anak harus diajarkan untuk menghormati orang lebih tua, ini akan membuat mereka berperilaku baik. Perilaku anak akan mencerminkan apa yang telah orang tua ajarkan kepada mereka. Menghormati orang yang lebih tua merupakan salah satu pelajaran paling penting dalam hidup.

4. Sopan di tempat umum
Anak harus diajarkan bahwa manusia tak bisa hidup sendiri, untuk itu mereka berperilaku baik di depan umum dan menahan diri perbuatan yang menganggu orang lain. Jika anak terbiasa berperilaku baik di tempat umum ini membuktikan bahwa mereka telah dilatih dengan baik dari orang tua.

5. Kerja keras
Jika sejak kecil sudah biasa malas saat dewasa pun mereka tetap akan menjadi pemalas. Jangan terlalu memanjakan anak, buat mereka lebih bertanggung jawab pada hal-hal yang mereka lakukan dalam hidup. Memaanjakan anak dengan berlebihan hanya akan membuat mereka malas.

6. Empati
Mengajarkan anak untuk juga memikiran orang lain itu penting, tidak hanya berpikir tentang diri sendiri. Ikut merasakan kesusahan yang derita orang lain dan ikut memberikan solusi. Pelajaran empati ini akan membuat anaknya nantinya menjadi orang yang dermawan sampai mereka dewasa.

7. Berbagi adalah peduli
Anak-anak harus diajarkan untuk peduli, misalnya dengan selalu menawarkan makanan, mainan dan lain-lain kepada siapapun yang ada di sekitar mereka. Hal ini akan membuat anak menjadi individu sosial yang aktif. Saat berbaur dengan orang lain, apa yang dimilikinya akan dibagikan.



SekolahDasar.Net | 8 Maret 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA