» » » » Cara Merancang Proses Pembelajaran Hebat

Cara Merancang Proses Pembelajaran Hebat

Cara Merancang Proses Pembelajaran Hebat
Rencana pembelajaran akan lebih efektif apabila dilakukan bersama teman sejawat.
Plan atau rencana pembelajaran yaitu suatu proses mengelola, mengatur dan merumuskan unsur-unsur pembelajaran seperti merumuskan tujuan, materi atau isi, metode pembelajaran dan merumuskan evaluasi pembelajaran.

Baca juga: Langkah-langkah Menyusun RPP Kurikulum 2013

Tujuan rencana pembelajaran adalah penguasaan prinsip-prinsip fundamental, mengembangkan sikap yang positif terhadap program pembelajaran, meneliti dan menemukan pemecahan masalah pembelajaran. Secara ideal tujuan perencanaan pembelajaran adalah menguasai sepenuhnya bahan dan materi ajar, metode dan penggunaan alat dan perlengkapan pembelajaran, menyampaikan kurikulum atas dasar bahasan dan mengelola alokasi waktu yang tersedia dan membelajarkan siswa sesuai yang diprogramkan (Sagala 2003).

Rencana pembelajaran akan lebih efektif apabila dilakukan bersama teman sejawat. Rencana pembelajaran yang dilakukan bersama mempunyai banyak manfaat antara lain:
  • Wadah peningkatan konpetensi sosial guru
  • Tempat sharing pengetahuan antar teman sejawat
  • Ajang inspirasi teman sejawat yang bersumber dari ide metode pembelajaran yang diangkat dari kegiatan
  • Sarana peningkatan kompetensi dasar guru mulai dari kemampuan mendengarkan, linguistik karena dalam forum perencanaan ada unsur memberi saran, bertanya dan memberi masukan kepada pelaksana proses pembelajaran dan mengembangan kemampuan motorik guru.
  • Tempat untuk meningkatkan karakter guru, mulai karakter saling menghargai, toleransi dan bersahabat
  • Sebagai bukti kerukunan dan loyatitas terhadap lembaga.

Rencana pembelajaran selain memberi manfaat untuk guru yang berpartisipasi juga sangat bermanfaat untuk keberhasilan proses pembelajaran, antara lain:
  • Sarana untuk memprediksi seberapa besar keberhasilan yang akan dicapai dalam pembelajaran
  • Sebagai alat untuk memecahkan masalah. Dengan perencanaan yang matang, maka segala kemungkinan dan masalah yang akan timbul dapat diantisipasi s
  • Memanfaatkan berbagai sumber belajar secara tepat. Dengan perencanaan yang tepat, maka guru dapat menentukan sumber-sumber belajar yang dianggap tepat untuk mempelajari suatu bahan pembelajaran
  • Membuat pembelajaran berlangsung secara sistematis yang mengantarkan mencapai tujuan pembelajaran.
Pelaksanaan rencana pembelajaran yang baik dan berkesinambungan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu penulis memberi saran sebaiknya lembaga pendidikan membuat program sekolah yang mewadahi pelaksaan rencana yang terjadwal dan berkesinambungan.

*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, Guru SD Muhammadiyah 9 Malang



SekolahDasar.Net | 3 Maret 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA