» » » » Inilah 5 Fakta Keberhasilan Pendidikan Finlandia

Inilah 5 Fakta Keberhasilan Pendidikan Finlandia

Inilah 5 Fakta Keberhasilan Pendidikan Finlandia
Anak-anak menghabiskan waktu dengan mengeksplorasi diri. (ilustrasi)
Semenjak implementasi reformasi pendidikan 40 tahun yang lalu Finlandia telah konsisten menempati rangking teratas pendidikan di Eropa bahkan dunia. Bagaimana mereka mampu melakukan itu? Berikut ini adalah fakta-fakta keberhasilan, metode dan investasi yang dilakukan Finlandia.

1. Satu Kelas di Semua Level Pendidikan
Di finlandia anak baru bersekolah ketika umur mereka 7 tahun. Berbeda dengan model pendidikan eropa dan amerika yang telah “melacak” kecerdasan mereka dari usia sedini mungkin, di Finlandia tidak memberlakukan “penilaian formal” selama 6 tahun pertama pendidikan mereka.

Baca juga: Karakteristik Sistem Pendidikan Terbaik Finlandia

Siswa tidak dikategorisasikan berdasarkan level akademis, mereka diajar dalam satu kelas. Barulah ketika umur 16 tahun mereka memberlakukan one standarized test. Dengan metode ini, tidak ada gap akademis yang terlalu berlebih. Hasilnya pun sangat luar biasa. 66% siswa meneruskan perguruan tinggi dan mengambil jurusan vokasi. Sebuah rata-rata tertinggi di Eropa.

2. Guru Sebagai “High Status”
Guru di Finlandia dipilih dari 10% lulusan terbaik tiap perguruan tinggi. Dimana semua guru wajib menempuh pendidikan master yang semuanya dibiayai penuh oleh negara. para guru hanya menghabiskan waktu selama 4 jam di dalam kelas setiap harinya. Setiap 2 jam setiap minggu mereka melakukan kegiatan profesional development.

Status guru sejajar dengan profesional lain seperti pengacara, dokter bahkan akuntan. Rata-rata gaji guru awal di Finlandia sebesar USD 28.000/tahun atau sekitar 300an juta/tahun. Berdasarkan data dari Huffington Post gaji guru Finlandia menduduki peringkat 12 dunia yang hanya terpaut satu juta dengan Perancis yang menduduki peringkat 11.

3. Lebih Banyak Waktu Bermain
Anak-anak menghabiskan waktu dengan mengeksplorasi diri tanpa dibatasi oleh pagar-pagar akademis yang kaku. Waktu bermain mereka lebih banyak dan waktu reses siswa SD adalah 75 menit per harinya. Lebih tinggi dari reses siswa di Amerika yang hanya 27 menit.

4. Kelas Eksperimen
Dalam pengurukuran standar internasional yang dilakukan pada 2001, siswa Finlandia menduduki peringkat atas dalam bidang matematika, sains dan membaca. Hal ini didapatkan dari investasi mereka pada program eksperimen yang setiap kelas yang mewajibkan setiap kelas maksimal 16 anak. Dengan partisipasi anak bisa maksimal dan bisa mengeksplorasi minat setiap siswa.

5. Total Investasi Negara
Totalitas Finlandia terlihat dari semua biaya pendidikan yang 100% state funded. Mereka membiayai semua pendidikan guru dan mewajibkan gelar master. Rasio jumlah guru dengan jumlah siswa ideal sehingga Finladia mempunyai statistik guru yang sama dengan Amerika walaupun dengan populasi yang berbeda.

*) Ditulis oleh Anang Susanto, S.Pd.SD. Guru SDN Jaten Ngemplak Sleman.



SekolahDasar.Net | 5 Maret 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA