» » » » Kepala Sekolah; Manager and Leader

Kepala Sekolah; Manager and Leader

Kepala Sekolah; Manager and Leader.
Idealnya seorang kepala sekolah adalah strong manager and strong leader.
Kepala sekolah dalam konteks leader atau manager merupakan tema vital dalam organisasi sekolah. Manager adalah seorang yang “nggulowenthah, nyrateni, dan ngupokoro” sumber-sumber organisasi dan sumber insani dalam organisasi untuk mewujudkan tujuan organisasi secara bersama. Kata”nggulowenthah, nyrateni, dan ngupokoro” mempunyai makna mengelola segala sesuatu dengan memimpin manusia dalam organisasi. Hal ini dikarenakan dalam management melekat empat fungsi antara lain, planning (merencanakan), organizing (mengorganisasi), leading (memimpin), dan controlling (mengontrol).

Lalu siapakah pemimpin? Pemimpin adalah seorang yang berada di depan, menunjukkan arah, memberi contoh, menjadi tauladan dalam proses manajemen dan menggerakkan anggota organisasi ke arah yang dikehendaki oleh organisasi. Seorang pemimpin dengan segala sumber kekuasaan legal yang dia punya harus mampu membawa anak buahnya ke arah tertentu. “ i will bring to that direction!” begitulah seorang pemimpin

Kepala sekolah, Strong manager, Strong leader

David Morgenthaler, dalam bukunya “Managing things and leading people” merumuskan paduan tentang leader dan manager dalam 4 dimensi. Dimana parameter yang digunakan adalah “weak” and “strong”. Pertama, Strong manager and strong leader. Kedua strong manager and weak leader. Ketiga weak manager and strong leader. Keempat weak manager and week leader.

Idealnya seorang kepala sekolah adalah strong manager and strong leader. Mengapa? Karena kepala sekolah adalah pusat gravitasi sekolah. Kepala sekolah haruslah manager yang kuat karena dia mengelola segala sesuatu. Segala sesuatu yang dimaksud adalah sumber daya yang berkaitan dengan infrastruktur dan fasilitas. Di sisi lain, kepemimpinan adalah senin mengelola orang. Seorang strong manager pastilah seorang strong leader. Hal ini dikarena dalam fungsi managerial telah melekat fungsi kepemimpinan.

Baca juga: Hilangnya Peran dan Fungsi Kepala Sekolah

Leadership dan managerial keduanya adalah tema kompleks bagi organisasi khususnya pendidikan bahkan di negara maju. Managerial dan kepemimpinan merupakan faktor utama keberhasilan suatu organisasi khususnya sekolah. Seperti kata pepatah “ tidak ada kegagalan atau keberhasilan, tidak ada kekayaan atau kemiskinan. Yang ada hanyalah bagaimana pengelolaan”. Memimpin juga sangat mulia. Dimana semua manusia pada adalah khalifah atau pemimpin. Kita berharap bahwa dalam organisasi sekolah, kepala sekolah dapat menjadi strong manager and strong leader sehingga dapat berimbas kepada kenyamanan sekolah dan tentu saja peningkatan prestasi para peserta didik.

*) Ditulis oleh: Anang Susanto, S.PD.SD. Guru SDN Jaten Ngemplak Sleman



SekolahDasar.Net | 11 Maret 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA