» » » » Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah Tahun 2015

Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah Tahun 2015

Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah
Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) tahun 2015 sesuai dengan kisi-kisi yang dibuat BPSDMPK-PMP Kemdikbud.
BPSDMPK-PMP Kemdikbud akan melaksanakan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) dalam rangka pelaksanaan program keprofesian berkelanjutan (PKB). Selain Kepala Sekolah, juga akan dilaksanakan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS). Jadwal rinci pelaksanaan uji kompetensi ditetapkan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Baca juga: Kepala Sekolah Manager and Leader

Data peserta UKKS dan UKPS tahun 2015 yang diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah ini bersumber dari pendataan PADAMU NEGERI yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP Kemdikbud. Uji kompetensi ini untuk memetakan kompetensi dan bahan penyusunan data dasar (base line) kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

BPSDMPK-PMP Kemdikbud telah merilis kisi-kisi uji kompetensi kepala sekolah baik sekolah atau madrasah binaan Kemdibud dan Kemenag. Kisi-kisi UKKS ini sebagai acuan pembuatan soal uji komptensi bagi Kepala Sekolah tahun 2015. Kisi-kisi UKKS tahun 2015 dapat didownload di tautan berikut ini:


Selain itu, untuk menghadapi UKKS yang dilaksanakan secara online ini, Kepala Sekolah harus kembali belajar. Kemimpinan, supervisi, manajerial dan pengembangan sekolah merupakan materi UKKS. Contoh soal-soal UKKS tahun 2015 sesuai dengan kisi-kisi yang dibuat BPSDMPK-PMP Kemdikbud dapat didownload di tautan berikut ini:


Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Sekolah akan menjadi target pelatihan kepemimpinan. Menurut Mendikbud Anies Baswedan, selama ini kepala sekolah langsung diangkat dari guru, tanpa pelatihan. Selain itu Kemdikbud juga akan melatih para guru untuk meningkatkan kompetensi mengajar, kualitas, dan bidang studi pengajaran.



SekolahDasar.Net | 16 Maret 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA