» » » » Mengukir Impian Menakjubkan dari Masa Kanak-kanak

Mengukir Impian Menakjubkan dari Masa Kanak-kanak

Menumbuh kembangkan kreatifitas, cita-cita dan impian para kanak-kanak, sangatlah diperlukan.
Masa kanak-kanak adalah masa indah yang penuh warna. Kejadian-kejadian di masa kanak-kanak bila diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menggembirakan, akan menjadi kenangan indah yang selalu diingat hingga dewasa.

Menumbuh kembangkan kreatifitas, cita-cita dan impian para kanak-kanak, sangatlah diperlukan, agar bisa menjadi pedoman dan inspirasi bagi mereka menuju masa depan yang terpampang luas di depan mata. Hanya cukup menyediakan selembar kertas, untuk ditulis, berbagai hal apa saja yang kelak akan mereka ciptakan, terutama di zaman yang serba teknologi seperti sekarang.

Hal ini sudah cukup memancing mereka untuk berpikir kreatif dan inovatif memimpikan apa saja yang mereka angankan. Salah satu contoh konkret yang sudah terjadi, sepasang manusia kembar Wright bersaudara, mempunyai impian mampu menjelajahi dunia dengan cara terbang. Mereka menemukan teknologi alat transportasi udara, yang hingga kini digunakan oleh banyak orang untuk pergi ke mana saja tujuan mereka.

Wright dan saudaranya telah berjasa menemukan teknologi pesawat terbang hingga mampu membawa kita menjelajahi dunia ini kemanapun tujuan kita. Semua dimulai dari impian. Semua dimulai dari angan-angan, namun bukan hanya sekedar angan-angan. Namun angan-angan yang dibarengi usaha yang tidak ringan untuk bisa mewujudkan impian mereka. Ditempuh dengan beberapa kali kegagalan, pantang menyerah dan mau terus berusaha, sehingga usaha mereka menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Cuplikan berikut ini berisi impian dan angan-angan yang ditulis oleh siswa kelas IV SDIT Al Ittihad tahun 2015, generasi penerus bangsa ini, namun isinya penuh inovasi dan teknologi yang mungkin saja akan terwujud di masa depan. Diantara sekumpulan narasi impian mereka, inilah beberapa cuplikan dari beberapa siswa yang memiliki impian unik yang mungkin saja bisa terwujudkan di masa depan.

Contohnya, Nabila menulis : Inilah teknologi Impianku. Aku ingin menciptakan sebuah teknologi. Nama teknologi itu adalah Robot Remat. Mengapa aku memberinya nama demikian…? Karena pada salah satu tombol robot itu berbentuk Remat yang memiliki panjang 20 cm dan lebar sekitar 5 sampai dengan 6 cm. Robot itu bisa membantu membuatkanku sebuah alat elektronik, misalnya HP, computer dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, robot Rematku bisa membuat alat-alat elektronik untuk ibu-ibu rumah tangga, misalnya mesin cuci, kompor, blender daging dan sebagainya. Cara mengoperasikannya yaitu dengan ditekan salah satu tombol yang berwarna merah dan hijau. Itulah Teknologi impianku.”

Lain lagi yang ditulis oleh Dini, ini tulisannya:” Teknologi Ciptaanku. Aku ingin bisa membuat robot pembantu. Robot pembantuku memiliki sifat rajin dan pintar. Kalau aku sedang jenuh atau bosan sendirian, maka robot pembantuku bersedia menemaniku bermain bersama. Ia juga senang bermain dengan anak-anak kecil. Robot pembantuku tidak suka kalau melihat rumah kotor, kalau ada sampah ia langsung mengumpulkan dan membersihkannya. Lebih hebatnya lagi, robotku bisa memilah sampah-sampah yang masuk ke dalam tubuhnya.

Sampah kering dimasukkan ke dalam kotak sampah kering, sedang sampah basah, dimasukkan ke dalam kotak sampah basah yang bisa langsung dijadikan pupuk untuk tanaman. Wow keren ya…Tetapi ia tidak suka berteman dengan orang yang jorok dan pemalas. Ia hanya mau berteman dengan anak yang rajin dan sholeh. Dan ia melakukan pekerjaannya dengan cepat. Lucu ya robotku itu …”. Dan berikutnya Bayza dengan narasinya yang berjudul “ Mobil Tak Beroda”. “Suatu saat nanti aku harus bisa menciptakan sebuah mobil yang unik. Yaitu mobil tak beroda.

Mobil ini memiliki satu keunikan yang dahsyat yaitu mobil yang mempunyai tenaga angin yang kuat di bawahnya, sehingga mobil ini dapat melayang sekitar 30 m dari permukaan jalan. Panjang mobil ini 2.5 m dan tingginya 1.5 meter. Di atas mobil tersebut terdapat panel surya, untuk menangkap sinar matahari yang bisa dijadikan listrik. Bagian bawahnya diberikan seperti skateboat, jadi bukan roda.

Jika berjalan pada malam hari atau sedang hujan, mobil ini bisa berjalan tanpa menggunakan energi bahan bakar, karena sudah memiliki tenaga cadangan atau pengganti, yang disimpan dalam bentuk energi cahaya matahari sehingga ramah lingkungan. Ketika jalanan sedang ramai atau macet, mobil canggihku itu bisa dinaikkan ke atas, sehingga bisa melewati mobil-mobil yang macet.

Apa lagi kalau bertemu dengan sungai, mobilku bisa melayang di udara untuk bisa sampai ke seberang.” Sedangkan Ishma dengan narasinya yang singkat dan sederhana namun menggugah hati: ”Kursi Roda Ajaib”. “Aku akan membuat kursi roda ajaib. Kursi roda ini bisa digunakan untuk menaiki dan menuruni tangga.

Karena, aku melihat, kursi-kursi roda yang dibuat sekarang, hanya bisa dijalankan didaerah yang datar. Namun kursiku ini akan aku design bisa digunakan di segala permukaan, terutama permukaan yang mendaki dan menurun, sehingga aku bisa membantu orang-orang cacat bebas bergerak menggunakan kursinya.”

Demikianlah pikiran impian menakjubkan dari masa kanak-kanak. Ada semacam keinginan yang kuat untuk dapat mewujudkannya, walaupun baru sebatas impian. Setiap hari, bagi mereka adalah suatu hal yang tidak mustahil mungkin saja dapat terwujud. Semua hal seakan menjanjikan, dan menjanjikan lebih banyak kegembiraan, kemudahan dan petualangan.

Dan tidak ada yang bisa mencegah kita untuk menahan keinginan dan cita-cita anak-anak, karena bagi mereka keajaiban bisa saja terjadi, walaupun sekarang impian mereka belum terwujud. Ibarat pepatah: “ If You Can Dream It, You Can Achieve It !. Di masa depan, mungkin saja semua bisa terwujud. Inshaallah…

*) Ditulis oleh Delta Nia, S.Pd, M.Pd Guru SDIT Al Ittihad Rumbai



SekolahDasar.Net | 8 Mei 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA