» » » » Download KKM Untuk Kelas 3 SD Semester 1 dan 2

Download KKM Untuk Kelas 3 SD Semester 1 dan 2

KKM Untuk Kelas 3 SD Semester 1 dan 2
Format dan isian KKM untuk kelas 3 SD semester 1 dan 2 dengan rincian per mata pelajaran.
Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM harus ditetapkan guru di awal tahun ajaran baru. KKM ini sebagai acuan menyatakan siswa lulus dan tidak lulus pembelajaran dan tindakan yang tepat bagi guru terhadap hasil penilaian, yaitu memberikan layanan remedial bagi yang belum tuntas dan atau layanan pengayaan bagi yang sudah melampaui KKM.

Di kelas 3 SD pembelajaran menggunakan metode tematik, meskipun begitu untuk KKM masih tetap menggunakan per mata pelajaran. Berikut ini format dan isian KKM untuk kelas 3 SD semester 1 dan 2 dengan rincian per mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK, dapat didownload di tautan berikut ini:


Dalam membuat KKM ada yang harus diperhatikan, yaitu: Pertama, tingkat kompleksitas, kesulitan atau kerumitan setiap indikator, kompetensi dasar, dan standar kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Kedua, kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran dan ketiga adalah tingkat kemampuan (intake) rata-rata siswa.

Guru perlu menganalisa pencapaian KKM untuk dapat ditindaklanjuti sesuai dengan hasil yang diperoleh. Tindak lanjut dilakukan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan pembelajaran maupun penilaian. Hasil analisis juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan penetapan KKM pada semester atau tahun pembelajaran berikutnya.



SekolahDasar.Net | 23 September 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA