» » » » Aplikasi KKM Untuk Kelas 1 SD Semester 1 dan 2

Aplikasi KKM Untuk Kelas 1 SD Semester 1 dan 2

Aplikasi KKM Untuk Kelas 1 SD Semester 1 dan 2
Dengan menggunakan Aplikasi KKM, penentuan nilai KKM untuk kelas 1 SD semester 1 dan 2 bisa lebih mudah.
Guru kelas 1 SD harus membuat Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM yang berfungsi sebagai acuan menyatakan siswa lulus dan tidak lulus pembelajaran. KKM juga berfungsi sebagai pertimbangan tindakan yang tepat bagi guru terhadap siswa. Guru memberikan remedial bagi siswa yang belum tuntas dan atau pengayaan bagi siswa nilainya di atas KKM.

Meski menggunakan metode tematik, KKM untuk kelas 1 SD masih tetap menggunakan per mata pelajaran. Dengan menggunakan Aplikasi KKM, penentuan nilai KKM untuk kelas 1 SD semester 1 dan 2 bisa lebih mudah. KKM kelas 1 SD mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK, dapat didownload di tautan berikut ini:


KKM menunjukkan persentase tingkat pencapaian kompetensi yang dinyatakan dengan angka maksimal 100. Target ketuntasan secara nasional diharapkan mencapai minimal 75. Dalam membuat KKM untuk kelas 1 SD dengan mempertimbangkan kompleksitas, daya dukung, dan kemampuan (intake) rata-rata siswa.

Baca juga: Aplikasi KKM Untuk Kelas 2 SD Semester 1 dan 2

Sekolah, khususnya guru kelas perlu melakukan sosialisasi KKM agar informasi dapat diakses dengan mudah oleh siswa dan atau orang tuanya, sebab mereka berhak untuk mengetahui. Guru perlu menganalisa pencapaian KKM untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan pembelajaran maupun penilaian.


SekolahDasar.Net | 12 Oktober 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA