» » » » Aplikasi KKM Untuk Kelas 2 SD Semester 1 dan 2

Aplikasi KKM Untuk Kelas 2 SD Semester 1 dan 2

KKM Untuk Kelas 2 SD Semester 1 dan 2
Aplikasi KKM untuk kelas 2 SD semester 1 dan 2 mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS.
Di awal tahun ajaran baru guru harus membuat atau menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM. Salah satu kelengkapan administrasi kelas ini berfungsi sebagai acuan menyatakan siswa lulus dan tidak lulus pembelajaran.

KKM juga berfungsi untuk pertimbangan tindakan yang tepat bagi guru terhadap hasil evaluasi siswa. Guru memberikan layanan remedial bagi yang belum tuntas dan atau layanan pengayaan bagi siswa yang sudah melampaui KKM.

Baca juga:Download KKM Untuk Kelas 3 SD Semester 1 dan 2

KKM menunjukkan persentase tingkat pencapaian kompetensi yang dinyatakan dengan angka maksimal 100. Target ketuntasan secara nasional diharapkan mencapai minimal 75. Kriteria ketuntasan dapat ditingkatkan secara bertahap.

Yang harus diperhatikan ketika membuat KKM untuk kelas 2 SD adalah: kompleksitas, daya dukung, dan kemampuan (intake) rata-rata siswa. Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan materi, dengan menentukan KKM Indikator, KKM Kompetensi Dasar (KD), KKM Standar Kompetensi (SK).

Daya dukung yang dimaksud dalam menyusun KKM adalah ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa. Intake merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa yang bisa didasarkan pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya, yaitu kelas 1 SD.

Di kelas 2 SD pembelajaran menggunakan metode tematik, meskipun begitu untuk KKM masih tetap menggunakan per mata pelajaran. Berikut ini Aplikasi KKM untuk kelas 2 SD semester 1 dan 2 mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK, dapat didownload di tautan berikut ini:


Siswa dan orang tua berhak untuk mengetahui KKM. Sekolah perlu melakukan sosialisasi agar informasi dapat diakses dengan mudah oleh siswa dan atau orang tuanya. Kriteria ketuntasan minimal harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB).



SekolahDasar.Net | 11 Oktober 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA