» » » » Hasil UKG Tahun Ini Akan Dikirim ke Orang Tua Siswa

Hasil UKG Tahun Ini Akan Dikirim ke Orang Tua Siswa

Hasil UKG Tahun Ini Akan Dikirim ke Orang Tua Siswa
Hasil UKG disampaikan ke siswa atau ke orang tua. Supaya mereka juga tahu, ini memang sekolahnya bagus atau tidak.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyambut baik ide sejumlah kalangan yang meminta pemerintah mengirimkan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) ke sekolah dan orang tua siswa. UKG yang diikuti seluruh guru ini akan dilaksanakan antara tanggal 9 sampai 27 November 2015.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan ada sejumlah guru yang tidak serius mengikuti UKG tahun ini. Sebab, UKG tidak berpengaruh terhadap Tunjangan Profesi Guru (TPG).

"Sampaikan saja ke siswa atau ke orang tua. Supaya mereka juga tahu, ini memang sekolahnya bagus. Ini perlu didororng. Buktinya di sini tadi ada yang bilang ikut UKG tidak serius. Guru asal-asalan karena tidak ada pengaruhnya (ke TPG)," kata Sumarna yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (12/10/15).

Dia mengatakan hasil UKG tahun lalu nilainya cukup rendah, nilai rata-rata UKG secara nasional hanya 42. Dari sekitar 1,6 juta guru yang mengikuti UKG, hanya ada 192 guru yang mendapatkan rentang nilai 90-100.

Baca juga: Sebelum UKG, Coba Tes Kompetensi Pedagogik Ini

Program sertifikasi dan pemberian TPG belum sejalan dengan kompetensi guru. TPG yang diterima guru tidak disertai peningkatan kualifikasi atau kompetensi mengajar. Seharusnya hubungannya, kelulusan uji sertifikasi, peningkatan kesejahteraan, serta peningkatan kualitas dan profesionalisme.


SekolahDasar.Net | 12 Oktober 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA