» » » » Rincian Jadwal dan Waktu Pelaksanaan UKG 2015

Rincian Jadwal dan Waktu Pelaksanaan UKG 2015

Jadwal dan Waktu Pelaksanaan UKG 2015
UKG online akan dilaksanakan antara tanggal 9 sampai 27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia.
Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 dilaksanakan secara online dan offline. UKG dengan sistem online akan dilaksanakan antara tanggal 9 sampai 27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Rincian jadwal pelaksanaan UKG ditentukan bersama oleh LPMP dan dinas pendidikan kabupaten/kota.

Durasi pelaksanaan uji kompetensi melalui aplikasi UKG secara online pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak TUK akan semakin cepat pelaksanaan UKG. Dalam satu hari UKG online dilaksanakan menjadi beberapa gelombang.

Sedangkan UKG dengan sistem Offline dikhususkan bagi kabupaten/kota yang belum memiliki atau kesulitan akses internet. Waktu pelaksanaan UKG offline dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama satu hari. Jadwal pelaksanaannya ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKG online atau setelah UKG online selesai.

Baca juga: Buku Pedoman Pelaksanaan UKG Tahun 2015

UKG tahun ini dilaksanakan untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik. UKG diikuti oleh seluruh guru, baik PNS maupun non-PNS, yang sudah bersertifikasi maupun belum sertifikasi. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru bagi guru yang belum sertifikasi.

Hasil dari UKG digunakan untuk memetakan kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru. Selain itu, UKG juga merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.



SekolahDasar.Net | 4 Oktober 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA