» » » » Kumpulan Soal UKG Guru SD dan Kunci Jawabannya

Kumpulan Soal UKG Guru SD dan Kunci Jawabannya

Kumpulan Soal UKG Guru SD dan Kunci Jawabannya
Kumpulan soal latihan UKG 2015 untuk guru SD dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya.
Cara terbaik mempersiapkan diri bagi guru dalam menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) adalah dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal UKG tahun lalu maupun soal prediksi UKG yang sesuai kisi-kisi. Pasalnya soal yang digunakan dalam UKG tahun 2015 adalah soal pilihan ganda, layaknya soal Ujian Nasional (UN) bagi siswa.

Dalam uji kompetensi bagi seluruh guru ini dilaksanakan melalaui Computer Based Test (CBT) atau online. Setiap guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal sebanyak 60-100 soal. Masing-masing guru akan mendapatkan soal berbeda-beda namun bobotnya tetap sama.

Baca juga: Soal-soal Latihan UKG 2015 dan Kunci Jawabannya

Untuk guru jenjang SD, sesuai kisi-kisi UKG 2015 yang dirilis Kemendikbud ada tiga mata pelajaran (mapel) UKG, yaitu guru SD kelas rendah, guru SD kelas tinggi, dan guru penjaskes SD. Dengan kisi-kisi ini dapat memberi gambaran kepada peserta UKG 2015 tentang soal-soal yang akan di ujikan.

Pada UKG tahun ini ada 2 aspek materi yang akan diujikan, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kemendikbud telah menyiapkan 200 paket soal untuk UKG yang akan digelar November mendatang. Berikut contoh soal UKG untuk guru SD dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya:

Teori yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari ....
A. Piaget
B. Vigotsky (√)
C. Erikson
D. Smilansky

Ali, Amir dan Adi mempunyai tali yang masing - masing panjangnya adalah 90 dm, 6,5 m dan 750 cm. Panjang tali ketiga anak tersebut adalah ....
A. 21 m
B. 22 m
C. 23 m (√)
D. 24 m

Selengkapnya kumpulan soal UKG yang dapat digunakan guru SD untuk latihan UKG tahun 2015 dengan disertai kunci jawabannya dan pembahasannya dapat didownload di tautan berikut ini:


Ke depan UKG akan digelar setiap tahun. Pemerintah menargetkan pada 2019, nilai standar UKG mencapai 8, tahun ini standar minimum UKG yakni 5,5. Setelah UKG, akan dilakukan pendidikan dan pelatihan bagi guru.



SekolahDasar.Net | 29 Oktober 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA