Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lowongan Formasi Guru Rekrutmen CPNS 2016

Lowongan Formasi Guru Rekrutmen CPNS 2016
Formasi CPNS 2016 yang dibuka salah satunya adalah guru. Jumlahnya sekitar 3.000-an.
Pemerintah memberlakukan kebijakan moratorium rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS. Namun pada 2016 tetap dibuka lowongan CPNS yang sifatnya terbatas. Artinya, masih ada formasi tertentu yang dibuka karena sejumlah instansi masih sangat membutuhkan pegawai baru.

Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono mengatakan pegawai baru itu hanya untuk menggantikan PNS yang pensiun.

Rencananya, formasi CPNS 2016 yang dibuka salah satunya adalah tenaga pendidikan atau guru. Total kuota yang disiapkan untuk semua formasi adalah sekitar 42.000. Formasi tenaga pendidik diprioritaskan untuk guru 3T (terluar, terdepan, tertinggal), jumlahnya sekitar 3.000-an.

"Guru 3T akan diprioritaskan. Berapapun yang diajukan Kemendikbud untuk 3T akan diberikan karena ini mendukung program presiden," kata Bambang yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (06/11/15).

Baca juga: Ingin Jadi Guru PNS? Inilah Syarat Terbarunya

Calon guru harus mengikuti Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Terpencil (SM3T) dengan ditempatkan di sekolah terpencil selama satu tahun. Selesai mengabdi, mereka akan mendapatkan beasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan akan mendapat akses khusus untuk tes seleksi formasi guru CPNS 2016.