» » » » Kumpulan Soal UKG 2015 Untuk Guru SD Kelas Tinggi

Kumpulan Soal UKG 2015 Untuk Guru SD Kelas Tinggi

Soal UKG 2015 Untuk Guru Kelas Tinggi
Kumpulan soal UKG dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya ini dapat digunakan guru SD kelas tinggi untuk latihan UKG 2015.
Mata pelajaran Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 untuk guru Sekolah Dasar (SD) ada tiga, yaitu guru SD kelas rendah, guru SD kelas tinggi, dan guru Penjaskes SD. Guru kelas 1, 2, dan 3 akan mengikuti dengan mata pelajaran guru kelas rendah SD, dan untuk guru kelas 4, 5, dan 6 mengikuti UKG dengan mata pelajaran guru kelas tinggi SD. Dan guru penjaskes mata pelajaran UKG-nya Penjaskes SD.

Baca juga:Soal-Soal UKG 2015 Untuk Guru SD Kelas Rendah

Pada UKG 2015 ada 2 materi yang akan diujikan, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak harus dikuasai guru, khususnya guru SD. Kompetensi profesional adalah bidang studi yang diujikan disesuaikan dengan bidang studi sertifikasi sedangkan bagi guru yang belum sertifikasi disesuaikan dengan kualifikasi akademik guru.

Cara terbaik mempersiapkan diri bagi guru SD kelas tinggi dalam menghadapi UKG 2015 adalah dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal UKG tahun lalu maupun soal prediksi UKG yang disertai kunci jawaban. Jika dicermati dengan seksama, kisi-kisi materi UKG 2015 mata pelajaran guru SD kelas rendah dan mata pelajaran guru kelas tinggi SD tidak terlalu berbeda.

Contoh Soal-Soal UKG 2015 Untuk Guru SD Kelas Tinggi

1. Kemampuan kognitif yang dapat dikembangkan oleh anak ketika mempelajari sains sebagai berikut, kecuali …
A. Anak mengenal sebab akibat
B. Anak menemukan sesuatu yang baru
C. Anak membedakan berbagai mahluk hidup
D. Anak mengenal warna, bentuk, dan ukuran

2. Perhatikan proses berpikir beriku. Pernyataan umum: Semua manusia akan mati, Pernyataan Khusus: Si Fulan seorang manusia. Kesimpulan: Si Fulan akan mati. Proses berpikir tersebut menggunakan …
A. Penalaran deduktif
B. Bukan penalaran induktif dan deduktif
C. Gabungan penalaran induktif dan deduktif
D. Penalaran induktif

3. Suhu di kota Bandung pada malam hari 140 C, jika pada saat yang sama suhu di kota Tokyo -50 C. Selisih suhu di kota Bandung dengan kota Tokyo adalah …
A. 19
B. -19
C. 9
D. -9

4. Yang termasuk natural sains adalah …
A. Ilmu bumi dan geografi
B. Kesehatan dan ilmu alamiah dasar
C. Matematika dan fisika
D. Kimia dan astronomi

Selengkapnya kumpulan soal UKG yang dapat digunakan guru SD kelas tinggi untuk latihan UKG tahun 2015 dengan disertai kunci jawabannya dan pembahasannya dapat didownload di tautan berikut ini:

DOWNLOAD SOAL UKG GURU SD KELAS TINGGI PAKET 1

DOWNLOAD SOAL UKG GURU SD KELAS TINGGI PAKET 2

DOWNLOAD SOAL UKG GURU SD KELAS TINGGI PAKET 3

DOWNLOAD SOAL UKG GURU SD KELAS TINGGI PAKET 4

DOWNLOAD SOAL UKG GURU SD KELAS TINGGI PAKET 5

Pada UKG 2015 selama 120 menit guru mengerjakan soal sebanyak 60-100 soal pilihan ganda dengan sistem Computer Based Test (CBT). Setiap guru akan mendapatkan soal berbeda-beda namun bobotnya sama. Dalam satu hari, terdapat tiga gelombang UKG. Pemerintah menetapkan standar nilai minimal guru dalam UKG tahun 2015 adalah 5,5. Setelah UKG, akan dilakukan pendidikan dan pelatihan bagi guru.



SekolahDasar.Net | 3 November 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA