» » » » 2016 Tak Ada Tes Penerimaan CPNS, Ini Sebabnya

2016 Tak Ada Tes Penerimaan CPNS, Ini Sebabnya

2016 Tak Ada Tes Penerimaan CPNS, Ini Sebabnya
"Tahun depan (2016), pemerintah belum memiliki planing merekrut CPNS"
Tahun 2016 belum ada tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sebab Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) masih fokus menverifikasi para tenaga honorer kategori I yang masih tersisa.

"Masih ada sekitar ribuan honorer K-1 yang belum terangkat menjadi CPNS. Hanya karena belum lulus seleksi, mereka terekap dalam pegawai honorer K-2. Itu dulu yang kami prioritaskan saat ini," tegas Yuddy Chrisnandy, Menteri PAN-RB yang SekolahDasar.Net kutip dari Fajar.co.id (21/12/15).

Perekrutan CPNS melalui jalur K-2 juga akan masih ditunda, ini karena ada indikasi jumlah tenaga honorer K-2 yang digelembungkan. Yuddy menjelaskan banyak usulan yang diajukan pemda dianggap kurang wajar.

Bahkan ada yang terkesan dipaksakan meskipun gaji honorer K-2 tidak dibiayai APBN maupun APBD. Padahal untuk memenuhi syarat menjadi honorer K-2, gajinya harus dianggarkan negara. Untuk memastikan keabsahan status mereka, KemenPAN-RB melakukan verifikasi dan validasi data honorer K-2 yang diusulkan pemerintah daerah.

"Tahun depan (2016), pemerintah belum memiliki planing merekrut CPNS khusus honorer K-2. Saat ini, pemerintah tengah fokus memproses honorer yang lulus seleksi. Termasuk menyisir pegawai K-1 yang masih tersisa", kata Yuddy.

Bukan hanya tenaga honorer kata MenPAN-RB, perekrutan CPNS melalui jalur umum pada tahun 2016 tidak akan dilakukan. Hal ini disebabkan postur APBN tahun 2016 tidak memungkinan lantaran anggaran belanja pegawai sudah cukup besar.

"Moratorium PNS tahun 2016 akan dilanjutkan. Jadi tidak ada perekrutan CPNS melalui jalur umum maupun K-2. Ini artinya, isu-isu adanya perekrutan tidak benar", jelas Yuddy.



SekolahDasar.Net | 21 Desember 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA