» » » » Yang Harus Dilakukan Guru untuk Sikapi Terorisme

Yang Harus Dilakukan Guru untuk Sikapi Terorisme

Yang Harus Dilakukan Guru untuk Sikapi Terorisme
Mendikbud Anies Baswedan menyampaikan panduan bagi guru untuk membantu siswa mencermati peristiwa teror.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyampaikan panduan guru untuk membantu siswa mencermati peristiwa teror. Berikut yang harus dilakukan guru untuk menyikapi terorisme yang SekolahDasar.Net kutip dari CNN Indonesia (15/01/16):

Sediakan waktu bicara pada para siswa tentang kejahatan terorisme. Siswa sering menjadikan guru tempat mencari informasi dan pemahaman tentang apa yang sedang terjadi.

Bahas secara singkat apa yang terjadi, meliputi fakta-fakta yang sudah terverifikasi. Jangan membuka ruang terhadap rumor, isu, dan spekulasi.

Beri kesempatan siswa untuk mengungkapkan perasaannya tentang tragedi/kejahatan yang terjadi. Nyatakan dengan jelas rasa duka kita terhadap para korban dan keluarganya.

Arahkan rasa kemarahan pada sasaran yang tepat, yaitu pada pelaku kejahatan, bukan pada identitas golongan tertentu yang didasarkan pada prasangka.

Kembali pada rutinitas normal. Terorisme akan sukses apabila mereka berhasil mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kehidupan kebangsaan.

Ajak siswa berpikir positif. Ingatkan bahwa negara kita telah melewati banyak tragedi dan masalah dengan tegar, gotong royong, semangat persatuan dan saling menjaga.

Ajak siswa berdiskusi dan mengapresiasi kerja para polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikan lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.



SekolahDasar.Net | 15 Januari 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA