» » » » Mendikbud: Guru Jangan Hanya Cuap-cuap Lalu Beri PR

Mendikbud: Guru Jangan Hanya Cuap-cuap Lalu Beri PR

Mendikbud: Guru Jangan Hanya Cuap-cuap Lalu Beri PR
Guru harus mengajarkan siswa lebih baik lagi. Jangan hanya cuap-cuap habis itu kasih PR.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta para guru untuk bekerja lebih baik lagi karena pemerintah telah meningkatkan kesejahteraan guru. Dia mengingatkan agar para guru tidak hanya memberikan ceramah lalu memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk siswanya.

"Guru-guru‎ harus sadar, pemerintah sudah mengeluarkan dana begitu besar untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Timbal balik dari itu adalah guru harus mengajarkan siswa lebih baik lagi. Jangan hanya cuap-cuap habis itu kasih PR," tegas Muhadjir yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (29/10/16).

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini juga mengatakan, dengan standar kemapanan tinggi, guru harus bisa cepat menyesuaikan diri. Tidak ada istilahnya, guru bengong di sekolah dan tidak mengerjakan apa-apa selain memberikan tugas kepada siswa.

"Guru tidak ada pilihan lain selain bekerja baik karena sudah menikmati kemapanan. Jangan hanya‎ datang memberikan ceramah dan memberikan tugas," kata Muhadjir.

Baca juga: Anak Tidak Naik Kelas Murni Karena Kesalahan Guru

Menurut Muhadjir, sudah puluhan tahun siswa dan guru berada dalam pola pembelajaran yang salah. Pola itu akan diubah pelan-pelan meski nantinya banyak yang protes. Guru akan lebih banyak di luar kelas, melihat siswanya berkreasi. Guru juga harus mencermati benar-benar kemajuan siswa.

"Memang ini tidak mudah karena guru sudah sekian puluhan tahun menikmati hidup enak dengan pola pembelajaran salah," kata Muhadjir.



SekolahDasar.Net | 29 Oktober 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA