» » » Alasan Tahun Ini Penerimaan CPNS Belum Dibuka

Alasan Tahun Ini Penerimaan CPNS Belum Dibuka

Alasan Tahun Ini Penerimaan CPNS Belum Dibuka
Kita coba redistribusi supaya beban belanja pegawainya tidak lebih dari 50%.
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini masih belum dibuka. Hal itu karena pemerintah sedang berupaya mendistribusikan PNS secara merata di tiap daerah supaya APBD-nya sehat. Sehingga moratorium berlanjut penerimaan PNS berlanjut.

"Kita masih membenahi distribusi pegawai, ada pegawai di suatu daerah berlebih atau kurang, itu kita coba redistribusi supaya beban belanja pegawainya tidak lebih dari 50%," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur.

Saat ini, masih ada banyak Pemda yang memiliki anggaran APBD tidak sehat, yaitu lebih dari 50% anggarannya habis untuk belanja pegawai. Padahal seharusnya belanja pegawai di bawah 50% supaya APBD tersebut dapat digunakan untuk membangun infrastruktur produktif.

Dia mencontohkan misalnya anggaran suatu daerah Rp 1 triliun, maka sebanyak Rp 500 miliar dialokasikan untuk belanja pegawai. Kondisi APBD seperti ini tidak sehat, sehingga Kementerian PAN-RB mengupayakan distribusi PNS daerah.

"Kalau di atas 50% sudah tidak sehat, bagaimana dia mau membangun kalau untuk belanja pegawai saja 50%," kata Asman yang SekolahDasar.Net kutip dari detik (27/01/17).

Meskipun begitu, dia tidak mau menyebutkan nama-mana daerah yang masih mengalokasikan 50% APBD-nya untuk belanja pegawai. Menurutnya, hal itu akan digunakan internal Kementerian PAN-RB untuk melakukan evaluasi.

"Datanya tidak kita buka, tapi sebagai dasar menetapkan suatu daerah itu sehat atau tidak APBD-nya. Kalau Kementerian kan rata-rata masih di bawah 50%, kita berlakukan itu khususnya untuk pemerintah daerah," jelasnya.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 27 Januari 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA