» » » » Tujuan Kemendikbud Terapkan PPK Pada SD

Tujuan Kemendikbud Terapkan PPK Pada SD

Orang berilmu penting tapi orang berakhlak itu lebih penting.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melakukan reformasi pendidikan untuk membenahi mentalitas sekolah melalui program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kemendikbud menerapkan PPK pada tingkat pendidikan dasar, yaitu Sekolah Dasar (SD). PPK meliputi lingkungan kelas, sekolah dan masyarakat.

Baca juga: Pendidikan Karakter Juga Menyasar Guru

“Sikap dan juga tata cara mengelola sekolah harus dibenahi kalau ingin maju bersama negara lain. Orang berilmu penting tapi orang berakhlak itu lebih penting," kata Menteri Muhadjir yang SekolahDasar.Net kutip dari Jawa Pos (16/01/17).

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu menegaskan 70 persen pendidikan SD bermuatan pendidikan karakter. Sedangkan sisanya adalah pengetahuan dan lifeskill dari jumlah kurikulum. Gerakan perubahan pendidikan ini harus segera dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju khususnya ASEAN.

"Untuk membangun generasi yang siap pada abad 21, siswa harus memiliki kemampuan berpikir kritis, analitis dan kreatif, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kolaborasi bukan kompetitif dan harus bisa membangun jaringan yang baik," jelanya.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 16 Januari 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA