Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemerintah Disarankan Ganti Guru Tak Berkualitas

Lulusan LPTK layak gantikan guru yang tak berkualitas.
Pemerintah disarankan untuk ‎mengganti guru-guru yang tidak layak lewat mutasi atau cara lainnya.
Saat ini Indonesia dinilai sedang krisis kualitas guru padahal tingkat kesejahteraan guru makin meningkat karena banyaknya berbagai tunjangan. Kasus bunuh diri pelajar dan pelecehan oknum guru terhadap siswi SMKN 3 Padang Sidempuan menimbulkan keprihatinan berbagai kalangan. Salah satunya datang dari pengamat pendidikan Indra Charismiadji.

"Kalau guru masih melakukan kekerasan verbal kepada siswa, bukan guru namanya dan tidak layak dia menerima tunjangan profesi guru," kata Indra yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (17/04/17).

Dia menyarankan pemerintah untuk ‎mengganti guru-guru yang tidak layak lewat mutasi atau cara lainnya. Posisi guru tidak berkualitas itu diganti dengan lulusan tenaga pendidik dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang jumlahnya cukup banyak.

Baca juga: 5,5 Juta Lulusan LPTK Siap Gantikan Guru Tak Berkualitas

"‎Tinggal menggeser guru PNS yang tidak berkualitas ke jabatan lain. Memang ini jadi tantangan berat, tetapi mau nggak mau harus dilakukan untuk mengganti posisi guru tidak berkualitas dengan yang berkualitas," kata Indra.