Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5,5 Juta Orang Siap Gantikan Guru Tidak Berkualitas

5,5 Juta Orang Siap Gantikan Guru Tidak Berkualitas
Sebanyak 5,5 juta calon guru siap untuk mengganti posisi guru PNS dan non PNS yang tidak berkualitas.
Sebanyak 5,5 juta calon guru dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) se-Indonesia siap menggeser posisi guru-guru yang tidak berkualitas. Saat ini dari sekitar tiga juta guru di Indonesia, yang berkompetensi sedang dan tinggi hanya sekitar 10 persen.

"Ini bukan fitnah loh ya, faktanya ada. Dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG), rata-rata guru PNS dan guru non PNS nilainya 56. Kalau di sekolah, nilai 56 itu tidak lulus," kata Indra Charismiadji yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (01/05/16).

Baca juga: Sertifikasi tidak Pengaruhi Kompetensi Guru

Jika selama ini banyak kalangan berpendapat untuk mengganti posisi guru PNS dan non PNS yang tidak berkualitas butuh waktu lama, menurut Indra, hal itu salah. Dengan adanya calon guru yang jumlahnya 5,5 juta orang, masalah kekurangan tenaga guru bisa terjawab.

"Memang mereka belum punya pengalaman. Tapi ingat, yang dibutuhkan Indonesia dalam memperbaiki mutu pendidikan adalah potensi atau kompetensi guru, bukan track record. Untuk apa track record kalau kompetensinya kurang," kata Indra.

Pengamat pendidi‎kan ini menyarankan pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai memikirkan kaderisasi guru berkualitas. Yang tidak berkualitas dan tidak bisa ditingkatkan kompetensinya mulai diganti dengan tenaga guru baru.