» » » » Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017 (Terbaru)

Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017 (Terbaru)

Perangkat Akreditasi untuk SD/MI Tahun 2017 yang bersumber dari Badan Akreditasi Nasional (BAN/SM)
Panduan perangkat dan instrumen Akreditasi SD/MI tahun 2017
Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017 yang dirilis oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) ini penting untuk dijadikan pedoman dan kelengkapan bagi sekolah yang akan melaksanakan kegiatan Akreditasi sekolah tahun 2017. Dalam panduan perangkat dan instrumen Akreditasi SD/MI tahun 2017 secara substansi menilai 8 standar nasional pendidikan. Namun, dalam jumlah butir yang diakreditasi banyak yang berkurang.

Sesuai dengan Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017, sekolah/Madrasah dinyatakan terakreditasi, apabila; (1.) Memperoleh Nilai Akhir Hasil Akreditasi sekurang-kurangnya 71, (2.) Memperoleh Nilai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61, dan (3.) Tidak ada Nilai Komponen Standar di bawah 50. Sekolah/Madrasah dinyatakan tidak terakreditasi jika sekolah/madrasah tidak memenuhi kriteria tersebut.

Baca juga: Bukan Hanya Label, Ini Guna Hasil Akreditasi Sekolah

Untuk mendapatkan nilai akreditasi sekolah yang baik tentu saja modal utamanya adalah kelengkapan perangkat akreditasi. Ini bisa dilihat dari hasil pertanyaan 8 Standar Instrumen yang diisi juga bukti fisik. Oleh karena itu, kesemuannya itu haruslah dipersiapkan dari sekarang. Perangkat Akreditasi SD/MI Tahun 2017 ini berisi Instrumen Akreditasi yang meliputi 8 komponen standar nasional pendidikan, yaitu:

1. Komponen standar isi nomor 1—10;
2. Komponen standar proses nomor 11—31;
3. Komponen standar kompetensi lulusan nomor 32—38;
4. Komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 39—54;
5. Komponen standar sarana dan prasarana nomor 55—75;
6. Komponen standar pengelolaan nomor 76—90;
7. Komponen standar pembiayaan nomor 91—106; dan
8. Komponen standar penilaian nomor 107—119.

Perangkat Akreditasi untuk SD/MI Tahun 2017 dalam bentuk file berformat PDF yang bersumber dari Badan Akreditasi Nasional (BAN/SM) dapat didownload di tautan berikut ini.


Tips dan trik yang paling bagus dan banyak digunakan sekolah dalam menghadapi akrediatasi adalah dengan membentuk TIM Akreditasi Sekolah yang diberi tugas pokok dan fungsi masing-masing setiap standar instrumen akreditasi di atas. Dengan pembagian guru menjadi beberapa kelompok membuat pekerjaan mempersiapkan administrasi dalam kelengkapan perangkat akreditasi sekolah akan lebih mudah dan cepat.


SekolahDasar.Net | 3 April 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA