» » » » Guru Harus Buat Anak Miliki Kemerdekaan Berpikir

Guru Harus Buat Anak Miliki Kemerdekaan Berpikir

Guru Harus Buat Anak Miliki Kemerdekaan Berpikir
Tanamkan pada anak bahwa banyak jalan menuju kebenaran, kebenaran memiliki banyak sisi.
Peneliti madya pada Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud, Nur Barlian Venus Ali mengatakan, guru harus membuat anak memiliki kemerdekaan berpikir. Sebab, kemerdekaan berpikir dapat membuat anak nyaman dalam menyampaikan pendapat.

"Tanamkan pada anak bahwa banyak jalan menuju kebenaran, kebenaran memiliki banyak sisi. Peran pemerintah perlu memfasilitasi," kata Nur yang SekolahDasar.Net dari laman Republika (25/05/17).

Penelitian itu fokus untuk merumuskan bagaimana mewujudkan guru yang kebinekaan dalam praktik di dalam maupun luar lingkungan sekolah. Menurutnya, guru harus memiliki beragam soft skill dalam mengajar.

Baca: Guru Diminta Membiasakan Anak Hadapi Perbedaan

Dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Kantor Kemendikbud itu Ia mengingatkan, Indonesia merupakan negara yang beragam, baik, suku, budaya, agama, etnis dan lain-lain. Pemahaman itu, menurutnya, harus terpatri dalam soft skill guru.

"Intinya memberikan pendidikan inklusif, misal pembagian kelompok siswa, dengan adanya proyek bersama itu (perbedaan) bisa melebur. Asosiasikan keberagaman melalui emosional positif," kata Nur.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 25 Mei 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA