» » » » Guru Harus Beri Teladan Untuk Hargai Keberagaman

Guru Harus Beri Teladan Untuk Hargai Keberagaman

Berikan pencerahan kepada siswa tentang Keindonesiaan yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila.
Para guru dihimbau untuk memberikan contoh dan teladan sikap saling menghargai dalam keberagaman di sekolah. Ini sesuai Undang-undang (UU) Nomor 20 tahun 2013, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Pada pasal 4 ayat 1 UU tersebut mengamanatkan Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusi, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.

“Semua guru harus memberikan teladan kepada para siswa untuk saling menghargai dalam keberagaman di sekolah. Berikan pencerahan kepada siswa tentang Keindonesiaan yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila, sehingga tidak ada tindakan intoleran di sekolah,” Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Baca: Menjadi Guru Profesional dan Guru Teladan

Sikap Keindonesiaan para siswa, kata Mendikbud, harus bagus, karena pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan yang berlangsung sepanjang hayat. Ia mengatakan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah tidak boleh dimasukkan doktrin menyesatkan. Sikap Keindonesiaan siswa harus bagus.

“Jangan berikan ruang intoleran di sekolah-sekolah. Jika guru mendapati gejala tersebut, maka harus segera mengambil langkah yang mendidik dan mencerahkan,” ujar Mendikbud yang SekolahDasar.Net kutip dari kemdikbud.go.id (09/05/17).

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 9 Mei 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA