» » » » 10 Perangkat Pembelajaran Yang Harus Dimiliki Guru

10 Perangkat Pembelajaran Yang Harus Dimiliki Guru

10 Perangkat Pembelajaran Yang Harus Dimiliki Guru.
Siapkan peralatan tempur sebelum berperang, begitupun guru juga harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang gunanya untuk melancarkan proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran apa saja yang harus disiapkan?

1. Silabus

Perangkat pembelajaran ini berisi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Untuk mencapainya diukur berdasarkan indikator pencapaian. Silabus ibarat ringkasan dari kurikulum karena di dalamnya ada target pencapaian, media, dan lain sebagainya.

2. RPP

RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh guru dalam rangka pemberian pelayanan kepada peserta didik. Perencanaan yang dirancang mencangkup model, metode, pelaksanaan, evaluasi dan instrument penilaian.

3. Prota

Program tahunan atau prota merupakan batasan materi yang harus diselesaikan dengan batas waktu yang tertera jelas pada table program tahunan. Prota berisi distribusi materi selama satu tahun pelajaran yang terdiri dari dua semester, prota terbentuk dari program semester.

4. Promes

Program semester atau promes merupakan gambaran distribusi materi selama satu semester berdasarkan SK dan KD yang telah dirumuskan dalam Standard Isi.

5. Buku Absen

Buku ini berisi sejumlah nama peserta didik dalam kelas yang kita bina. Buku ini fungsinya untuk mengontrol kehadiran peserta didik.

6. Buku Jurnal

Buku ini berisi beberapa catatan penilaian prilaku peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dan sebagainya.

7. Buku penilaian

Buku ini digunakan untuk menyimpan data-data hasil evaluasi terhadap peserta didik.

8. Bundel portofolio

Tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa dikumpulkan jadi satu bundel, biasanya digabung perkelas bahkan per individu. Gunanya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, perubahan peserta didik terhadap penerimaan materi yang disampaikan dapat diukur sehingga memudahkan guru menentukan model dan metode yang akan diberikan. Melalui bundel ini, seorang guru dapat menyimpulkan keberhasilan pembelajaran di kelasnya.

9. Bank Soal

Ini adalah buku yang berisi kumpulan dari sejumlah soal yang akan diberikan kepada peserta didik.

10. Media

Dalam menyajikan pelajaran, media menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Tentang media, dibutuhkan inovasi dan kreativitas guru untuk menentukan media-media yang diperlukan dalam kaitannya dengan pokok bahasan yang diberikan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 5 Oktober 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA