Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan Harian Matematika K13 Kelas 5 Volume

Soal Ulangan Harian Matematika K13 Kelas 5 Volume
Soal penilaian harian atau ulangan harian Matematika Kurikulum 2013 untuk kelas 5 SD semester 2 volume bangun ruang.
Matematika menjadi mata pelajaran yang terpisah dengan tematik setelah Kurikulum 2013 (K13) mengalami revisi terbarunya. Mata pelajaran Matematika diajarkan pada kelas 5 jenjang Sekolah Dasar. Salah satu kompetensi dasar (KD) yang harus dikuasai siswa kelas 5 SD adalah menentukan volume dan pangkat tiga yang ada di semester 2 kelas 5.

KD 3.5 Matematika kelas 5 Kurikulum 2013 berbunyi menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Sedangkan kompetensi ketrampilanya adalah siswa Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun yang melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.

Evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 meliputi penilaian (ulangan) harian, tengah semester dan akhir semester. Berikut contoh soal ulangan harian matematika Kurikulum 2013 kelas 5 SD materi volume kubus dan balok:

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!

1. Bangun kubus mempunyai sisi sebanyak ....
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6

2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ....
a. 15
b. 12
c. 6
d. 8

3. Bangun kubus adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ....
a. Segitiga
b. Persegi
c. Persegi panjang
d. Trapesium

4. Rumus untuk mencari volume kubus adalah ....
a. V = s x s
b. V = r x r x r
c. V = p x l x t
d. V = s x s x s

8. Siti mempunyai kardus berbentuk kubus yang mempunyai panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Siti adalah .... cm³
a. 64.000
b. 54.000
c. 16.000
d. 1.600

9. Andi mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Lalu Toni juga punyak kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisi 15 cm. Selisih volume kotak pensil mereka berdua adalah .... cm³
a. 4600
b. 8.000
c. 3.375
d. 4.625

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

2. Pak Bagas mempunyai aquarium berbentuk kubus dengan panjang sisinya 120 cm. Jika Pak Bagas hanya ingin mengisi air separuhnya saja. Berapakah volume air yang harus dimasukkannya?

3. Sule dan Rina memiliki kotak pensil berbentuk kubus. Sule memiliki kotak pensil engan panjang sisi 16 cm, sedangkan punya Rina panjang sisinya adalah 17 cm. Hitunglah selisih volume kotak pensil antara Sule dan Rina!

Selengkapnya soal penilaian harian atau ulangan harian Kurikulum 2013 Matematika untuk kelas 5 SD semester 2 volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Pembelajaran tematik kelas 5 mengandung lima muatan mata pelajaran, yakni PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Selain kompetensi pengetahuan, siswa juga harus menguasai komptensi ketrampilan sesuai standar isi Kurikulum 2013. Matematika terpisah dengan pembelajaran tematik menjadi mata pelajaran tersendiri.