» » » » Kemendikbud Rekrut 100 Ribu Guru dalam Tes CPNS 2018

Kemendikbud Rekrut 100 Ribu Guru dalam Tes CPNS 2018

Kemendikbud Rekrut 100 Ribu Guru dalam Tes CPNS 2018
Jumlah guru di tanah air sudah banyak berkurang dan ini membahayakan jalannya operasional pendidikan.
Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Hamid Muhammad mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merekrut seratus ribu guru dalam tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS/ASN) 2018. Jumlah tersebut sesuai hasil diskusi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Dari hasil pembahasan dengan KemenPAN-RB, jumlah guru yang bisa kami rekrut adalah 1,5 kali jumlah guru pensiun. Guru PNS yang pensiun ada 62 ribu orang. Jadi, yang bisa direkrut sekitar seratus ribu orang," kata Hamid yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (09/03/18).

Berdasar data Kemedikbud, kekurangan guru di Indonesia mencapai 988 ribu orang. Namun, setelah dihitung kembali, kekurangan guru di sekolah negeri menjadi 733 ribu. Kekurangan guru itulah yang diselesaikan bertahap oleh Kemendikbud. Hamid mengatakan, seratus ribu guru CPNS itu tenaga pendidik di TK, SD, SMP, dan SMA.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018 Prioritaskan Formasi Guru

Namun, Hamid belum bisa memastikan apakah lowongan seratus ribu guru itu sudah finalisasi atau tidak. Pasalnya, formasi penetapan CPNS tahun 2018 baru ditetapkan pada Mei mendatang. Dia berharap kuota seratus ribu itu tidak dikurangi. Sebab, jumlah guru di tanah air sudah banyak berkurang dan ini membahayakan jalannya operasional pendidikan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 9 Maret 2018

KOMENTAR ANDA