» » » » Silabus dan KKM Kelas 6 SD Kurikulum 2013

Silabus dan KKM Kelas 6 SD Kurikulum 2013

Silabus dan KKM Kelas 6 SD Kurikulum 2013
Download silabus dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas 6 SD Kurikulum 2013 (K13).
Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema pembelajaran tertentu yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus tematik Kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan merupakan suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan.

Satuan pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini atau dapat juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Silabus untuk kelas 6 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut:


Perangkat pembelajaran lain yang harus dimiliki oleh guru adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Di dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara kepala sekolah,pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya.

KKM Kurikulum 2013 SD dirumuskan dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek: karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi / kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Prosedur penentuan KKM dapat dilakukan antara lain dengan cara berikut.

  • Menghitung jumlah KD setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran.
  • Menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung)

KKM untuk kelas 6 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut:


Satuan pendidikan dapat memilih satu KKM untuk semua mata pelajaran. Setelah KKM setiap mata pelajaran ditentukan, KKM satuan pendidikan dapat ditetapkan dengan memilih KKM yang terendah, rata-rata, atau modus dari seluruh KKM mata pelajaran.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 27 Juli 2018

KOMENTAR ANDA