» » » » KI dan KD Bahasa Daerah (Jawa) SD Kurikulum 2013

KI dan KD Bahasa Daerah (Jawa) SD Kurikulum 2013

KI dan KD Bahasa Daerah (Jawa) SD Kurikulum 2013
Download Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi dasar (KD) Bahasa Jawa Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Kurikulum 2013.
Bahasa daerah dapat mengarahkan siswa untuk berkembang dalam lingkungan lokalnya sehingga pembelajarannya juga penting karena dapat membangun dan menguatkan karakter bangsa. Sudah sewajarnya pelajaran Bahasa Jawa tetap dipertahankan dalam Kurikulum 2013. Dipertahankannya pelajaran Bahasa Jawa dalam kurikulum 2013 ini perlu, karena pembelajaran bahasa daerah ini penting untuk pembinaan karakter siswa.

Pelajaran Bahasa Jawa tidak dijadikan satu mapel tersendiri melainkan masuk dalam mapel Muatan Lokal. Meski demikian, dijamin hal tersebut tidak akan mengurangi esensi materi yang disampaikan kepada siswa. Pentingnya pembelajaran muatan lokal tersebut untuk memperkuat identitas bangsa di kalangan siswa sekolah. Pemberian pelajaran Bahasa Jawa kepada siswa sekolah juga diharapkan dapat terus melestarikan kebudayaan tradisi di Indonesia.

Dinas Pendidikan telah merancang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi dasar (KD), Silabus Muatan Lokal Bahasa Jawa. Dengan mengacu pada Standar Kelulusan Kurikulum 2013, lulusan SD/MI/ SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berikut ini gambaran ringkas KI KD Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum 2013.

KOMPETENSI DASAR BAHASA JAWA KELAS III SD

3.1 Mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat.
3.2 Mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi huruf lepas untuk menulis kata dan kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung sesuai kaidah.
3.3 Mengamati, mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara lisan dan tulis.
3.4 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah atau sekolah.
3.5 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks buku harian sederhana tentang kegiatan diri sendiri atau anggota keluarga secara lisan dan tulis.
3.6 Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks puisi tentang alam semesta dan penampakannya dengan bantuan guru secara lisan dan tulis.
3.7 Mengenal dan memahami teks karangan sederhana dengan bahasa komunikatif.
3.8 Mengenal dan memahami teks permintaan maaf dan sikap hidup rukun di lingkungan keluarga dan teman secara lisan dan tulis.
3.9 Mengenal dan memahami teks tembang dolanan/ laghu ѐn-maѐnan.

Selengkapnya KI dan KD Kurikulum 2013 Bahasa Jawa Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 semester 1 dan 2 dapat dapat didownload melaui tautan berikut ini:


Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa dikembangkan dengan mempertimbangkan tantangan internal dan eksternal. Semoga Kurikulum Bahasa Daerah yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang terdiri dari kompetensi religi, sosial, pengetahuan, dan ketrampilan di atas dapat berguna bagi Bapak Ibu Guru. Muatan lokal (mulok) Bahasa Jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD yang terpisah dengan tematik.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 30 Agustus 2018

KOMENTAR ANDA