Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah

Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah
Kurikulum Bahasa Jawa

Mata pelajaran Bahasa Jawa tetap dipertahankan dalam Kurikulum 2013. Dipertahankannya pelajaran Bahasa Jawa dalam kurikulum 2013 ini karena pembelajaran bahasa daerah ini penting untuk pembinaan karakter siswa. Pelajaran Bahasa Jawa tidak dijadikan satu mata pelajaran tersendiri melainkan masuk dalam mata pelajaran Muatan Lokal. 

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah merancang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi dasar (KD), Silabus Muatan Lokal Bahasa Jawa. Dengan mengacu pada Standar Kelulusan Kurikulum 2013, lulusan SD/MI/ SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi lulusan Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum 2013 sebagai berikut:

  • Kompetensi Sikap: Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
  • Kompetensi Pengetahuan: Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  • Kompetensi Keterampilan: Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.


DOWNLOAD KURIKULUM 2013 MUATAN LOKAL BAHASA JAWA

Selengkapnya Kurikulum 2013 Bahasa Jawa dan Silabus Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah untuk jenjang Sekolah Dasar Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dapat dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah dikembangkan dengan mempertimbangkan tantangan internal dan eksternal. Pentingnya pembelajaran muatan lokal tersebut untuk memperkuat identitas bangsa di kalangan siswa sekolah. Pemberian pelajaran Bahasa Jawa kepada siswa sekolah juga diharapkan dapat terus melestarikan kebudayaan tradisi di Indonesia.

Semoga Kurikulum Bahasa Daerah Jawa Tengah yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang terdiri dari kompetensi religi, sosial, pengetahuan, dan ketrampilan di atas dapat berguna bagi Bapak Ibu Guru. Muatan lokal (mulok) Bahasa Jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD yang terpisah dengan tematik. Bagikan postingan ini ke teman-teman lainnya jika bermanfaat.