Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lomba Menulis Cerita Untuk Siswa SD/MI

Lomba menulis cerita untuk siswa SD/MI dengan hadiah jutaan rupiah.
Lomba menulis cerita untuk siswa SD/MI dengan hadiah jutaan rupiah.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikdas Kemendikbud) kembali menyelenggarakan Lomba Menulis Cerita (LMC). Salah satu kategorinya adalah pesertanya adalah siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Hal ini untuk merangsang minat dan kreativitas siswa dalam membaca dan menulis karya sastra.

Total hadiah yang disediakan bagi para pemenang mencapai 90 juta. Para juara menerima hadiah berupa uang pembinaan yang nilainya bervariasi. Pemenang ke-1 Rp 7,5 juta, pemenang ke-2 Rp 6,5 juta, pemenang ke-3 Rp 6 juta, pemenang ke-4 s.d. 5 Rp 5,5 juta, pemenang ke-6 s.d. 10 Rp 5 juta, dan pemenang ke-11 s.d. 15 Rp 4,5 juta.

Selain mendapat uang pembinaan para pemenang juga mendapatkan piala, sertifikat, souvenir serta 15 pemenang terbaik tiap kategori juga berkesempatan diundang untuk mengikuti workshop selama satu minggu. Workshop ini akan dilaksanakan pada pertengahan November 2014 dan dipandu oleh para sastrawan ternama tanah air.

Seperti dilansir SekolahDasar.Net dari laman website Ditjen Dikdas Kemendikbud, ada 13 tema yang bisa dipilih peserta lomba menulis cerita ini, yakni kejujuran, ketulusan, disiplin, kerja keras, cinta tanah air, cinta lingkungan, kasih sayang, kesabaran, sopan santun, toleransi, kepedulian sosial, semangat gotong-royong, dan bencana alam.

Untuk lomba menulis cerita kategori siswa SD/MI, cerita ditulis dengan panjang 3 s.d. 5 halaman kertas ukuran A4 dengan jarak 1,5 spasi, jenis huruf Times New Roman, dan besar huruf 12 pt. Para peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu karya terbaiknya.

Naskah dan biodata peserta (unduh format biodata) dikirim paling lambat 1 September 2014 (stempel pos) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat:

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Sub Output Pembinaan Pendidikan Estetika pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kompleks Kemdikbud, Gedung E Lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270.