Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kemendikbud Fokus Tiga Hal Ini

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kemendikbud Fokus Tiga Ini
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Kemdikbud fokus pada pengelolaan guru dan kualitas belajar dan mengajar.
Ada tiga hal yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini dikatakan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad.

Fokus pertama adalah terkait pengelolaan guru dan kepala sekolah. Hamid berharap Dinas Pendidikan melakukan inventarisasi guru di perkotaan dan wilayah terpencil.

Baca juga: Kontribusi Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru

"Perhatikan kompetensi dan keterampilannya. Kepala sekolah wajib dipilih melalui seleksi, bukan ditunjuk langsung," kata Hamid yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (27/02/17).

Kedua terkait peningkatan fasilitas belajar. Pemerintah pusat akan meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan dasar di seluruh Indonesia.

"Bayangkan, 40 persen SD tidak memiliki perpustakaan. Dan sekitar 60 persen tidak memiliki toilet yang layak. Kami akan fokus pada penyediaan kedua fasilitas itu," jelas Hamid.

Yang terakhir adalah kualitas belajar dan mengajar. Hamid mendorong penguatan peran pengawas sekolah, baik dalam kualitas belajar dan kelembagaan pada satuan pendidikan.