Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengakali Anak Mogok Sekolah Jadi Semangat

Tips Mengakali Anak Mogok Sekolah Jadi Semangat
Anak mogok sekolah bisa disebabkan anak mulai kesulitan belajar.
Anak Anda mulai mogok sekolah? Tanda si kecil sudah mulai mogok sekolah bisa terlihat dari perilakunya. Mulai, ia pura-pura tidak enak badan, mengurung diri di kamar saat waktunya berangkat sekolah dan lain sebagainya.

Jika ini terjadi pasti merepotkan. Menurut psikolog klinis Barbara Markway, hal ini bisa disebabkan anak mulai kesulitan belajar. Walau, mogok sekolah sebenarnya termasuk salah satu kecemasan yang dialami oleh anak-anak.

Namun, Anda jangan khawatir. Seperti yang SekolahDasar.Net lansir dari laman Hai Bunda (10/01/19), Anda bisa mengakali supaya anak kembali semangat ke sekolah, yaitu:

1. Mengajak anak berbicara dan memberinya semangat

Kunci sukses dari hubungan anak dan orang tuanya adalah terjalin komunikasi. Ajak bicara perlahan tentang apa yang membuat buah hati Anda tidak mau berangkat sekolah. Ada beberapa kasus di mana anak tidak dapat mengungkapkan apa yang membuatnya tidak ingin ke sekolah. Jika demikian, Anda tidak perlu memaksakan anak untuk berbicara.

Supaya anak mau mengungkapkan secara jujur, tunjukkan ke anak bahwa Anda mengerti jika dia tidak ingin pergi sekolah. Baru kemudian, gunakan kalimat-kalimat halus yang menjelaskan bahwa pergi ke sekolah bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Lalu pastikan orang tua akan membantunya jika kesulitan di sekolah. Berikan kalimat yang memuji keberanian dan semangatnya agar si kecil memiliki rasa percaya diri.

2. Memperhatikan kondisi fisik anak

Anda boleh berpikir anak berpura-pura sakit agar bisa bolos. Tapi tidak ada salahnya memperhatikan apakah ada gejala tertentu dari kondisi fisiknya yang menunjukkan dia benar-benar sakit. Bisa saja anak memang merasa tidak enak badan. Tentunya Anda tidak ingin jika penyakit si kecil justru berlanjut. Namun, jika tidak terdeteksi gejala apapun, coba tanyakan hal apa yang sebenarnya terjadi.

3. Membuat anak tidak terlena sibuk di rumah

Kalau kondisi fisik anak masih baik-baik saja, namun mereka juga tidak mau mengungkapkan alasan mogoknya sekolah, Anda bisa memastikan si kecil fit atau tidak. Pastikan juga ke dokter untuk mengetahui ada tidak masalah pada fisik anak. Anda juga harus menegaskan bahwa si kecil harus banyak beristirahat.

Anda juga harus bisa mengontrol diri untuk tidak terlalu memanjakan anak di rumah agar dia belajar bahwa sakit itu tidak menyenangkan. Dengan begitu, anak tidak terlena untuk mogok sekolah dan bersantai di rumah.

4. Bekerja sama dengan pihak sekolah

Apabila kejadian ini terus berlanjut dan berulang selama beberapa waktu, Anda perlu mengecek keadaan sekolahnya. Jangan cepat-cepat menyimpulkan ada yang salah pada sekolahnya. Di sini, Anda perlu berkomunikasi dengan pihak sekolah untuk menanyakan keadaan dan kebiasaan anak di sekolah. Biasanya, para guru pun memiliki berbagai ide untuk menangani gairah anak bersekolah.

Bisa jadi, kecemasan anak bersumber dari bullying yang dialami anak. Dalam hal ini, Bunda bisa mengajak konselor atau orang-orang terdekat di sekolah anak. Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak mogok pergi sekolah. Anda dapat mencoba tips di atas untuk membuat anak jadi semangat ke sekolah.